Keutamaan Memperbanyak Sujud

Keutamaan Memperbanyak Sujud

Tsauban, maula Rasulullah saw., pernah bertanya kepada Rasul saw. tentang amalan yang bisa memasukkan seorang hamba ke dalam surga, atau tentang amalan yang paling disukai oleh Allah SWT. Rasul saw. menjawab, “Kamu harus memperbanyak sujud. Sebab, sesungguhnya tidaklah kamu bersujud kepada Allah satu kali, kecuali Allah menaikkan derajatmu satu derajat dan menghapus dari kamu satu dosa.” Karena itu perbanyaklah sujud.” (HR Ahmad).

Rasul saw. juga bersabda, “Siapa saja yang berwudhu sesuai dengan yang diperintahkan, lalu menunaikan shalat sesuai dengan yang diperintahkan, maka dosa-dosanya yang telah lalu diampuni.” (HR an-Nasa’I dan Ibn Majah).

Di antara sujud yang paling utama adalah sujud dalam shalat subuh secara berjamaah di masjid. Anas ra. menuturkan bahwa Rasul saw. juga pernah bersabda, “Siapa saja menunaikan shalat fajar (subuh) secara berjamaah, lalu ia duduk sambil berzikir kepada Allah SWT hingga terbit matahari, kemudian dia menunaikan shalat dua rakaat, maka bagi dia pahala haji dan umrah.” (HR ath-Thabrani).

Rasul saw. pun pernah bersabda, “Siapa saja yang duduk di tempat shalatnya saat ia selesai menunaikan shalat subuh (berjamaah) hingga ia menunaikan shalat dhuha dua rakaat, dan ia tidak mengucapkan apapun selain kebaikan, maka dosa-dosanya diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Rasul saw. juga bersabda, “Siapa saja yang menunaikan shalat fajar (subuh), lalu ia duduk di tempat duduknya dan tidak disibukkan dengan urusan dunia seraya ia berzikir kepada Allah SWT hingga ia menunaikan shalat dhuha empat rakaat, maka ia keluar dari dosa-dosanya seperti hari saat ia dilahirkan oleh ibunya dengan tidak membawa dosa sedikit pun.” (HR ath-Thabrani).

Categories