KPI: Metro TV dalam Perhatian Serius

KPI: Metro TV dalam Perhatian Serius

Mustanir.com – Adanya gerakan pemboikotan dan pengusiran terhadap kru liputan media televisi Metro TV pada aksi Bela Islam pada 4 November dan 2 Desember lalu, menjadi perhatian Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Ketua KPI Pusat, Yuliandrie Darwis mengatakan, perhatian KPI terutama pada objektivitas pemberitaan Metro TV.

“Iya ini harus dievaluasi di internal Metro TV. Objektivitas adalah hal yang sangat penting,” kata dia kepada Republika.co.id, Selasa (6/12).

Ia mengakui Metro TV dalam tahap perhatian serius bagi KPI. Namun, terkait adanya masyarakat yang melarang tugas peliputan, ia berharap masyarakat bersikap lebih bijak.

“Tentu ini tidak elok, karena dalam Undang-Undang (UU) Pers mengatur kebebasan media dalam melaksanakan peliputan,” katanya.

KPI pun tidak sepakat adanya pelarangan peliputan bagi kru media di lapangan. KPI menegaskan, gerakan pemboikotan media merupakan penilaian dari masyarakat. Karena itu, KPI berharap kepada semua media, agar tetap menjaga objektifikasi pemberitaan sesuai dengan kode etik jurnalistik yang berlaku. (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Tentu saja Metro TV harus menanggung sendiri akibatnya. Banyak sekali kode etik jurnalis yang dia langgar menurut kami. Pemberitaan yang tendensius dan juga bias sering disampaikan oleh Metro TV.

Sudah seharusnya Komisi Penyiaran Indonesia melakukan tindakan serius kepada Metro TV sebelum kaum muslimin yang bertindak sendiri. Jika sampai kaum muslimin bertindak sendiri, maka tentu saja pemerintah akan tercoreng wajahnya.

Categories