(M Zahid/id.pinterest.com)

Lockdown Wabah Zaman Rasul

MUSTANIR.net – Lockdown artinya sama dengan isolasi. Isolasi terkait pencegahan suatu wabah pernah terjadi pada zaman Rasulullah. Isolasi terhadap orang yang sedang menderita penyakit menular pernah dianjurkan Rasulullah.

Pada zaman Rasululullah pernah terjadi wabah kusta yang menular dan mematikan yang belum diketahui obatnya. Rasulullah memerintahkan tidak mendekati atau melihat orang yang mengalami kusta atau lepra. Rasulullah bersabda,

 لاَ تُدِيمُوا النَّظَرَ إِلَى الْمَجْذُومِينَ

“Kamu jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta.” 

Nabi Muhammad pernah memperingatkan umatnya untuk tidak mendekat ke  wilayah yang sedang terkena wabah. Dan sebaliknya jika berada di dalam tempat yang terkena wabah dilarang untuk keluar.

Rasululllah bersabda,

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

“Jika kalian mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka kamu jangan meninggalkan tempat itu.” 

Dalam buku berjudul ‘Rahasia Sehat ala Rasulullah: Belajar Hidup Melalui Hadis Nabi’ oleh Nabil Thawil, dijelaskan pada zaman Rasulullah ada daerah terjangkit penyakit tha’un. Rasulullah memerintahkan untuk mengisolasi (mengkarantina) para penderitanya di tempat isolasi khusus yang jauh dari pemukiman penduduk.

Tha’un adalah wabah penyakit menular mematikan yang berasal dari bakteri pasterella pestis yang menyerang tubuh manusia. Dalam sebuah hadits disebutkan janji surga dan pahala yang besar bagi siapa saja yang bersabar ketika menghadapi wabah penyakit.

Rasulullah bersabda,

 الطَّاعُونُ شَهَادَةٌ لِكُلِّ مُسْلِمٍ

“Tiap muslim yang meninggal karena wabah penyakit adalah surga baginya.” 

Pada zaman Khalifah Umar bin Khattab juga terjadi wabah penyakit. Khalifah Umar bin Khattab dalam perjalanan ke Syam, lalu mendapat kabar tentang wabah penyakit. Umar bin Khattab berkata Rasulullah bersabda,

“Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempatmu berada, maka jangan meninggalkan tempat itu.”

Sahabat bertanya,

”Wahai Umar, apakah kamu menolak takdir Allah?”

Umar bin Khattab menjawab,

”Aku menghindar dari takdir Allah, kepada takdir Allah yang lain.”

Agar tubuh terhindar dari segala penyakit, masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan tubuhnya dan lingkungannya. Umat lslam disarankan sering berwudu agar terhindar dari kuman dan virus. []

Sumber: Drs. HM Yusron Hadi, MM

Categories