LSI Rilis Elektabilitas Pasangan Capres-Cawapres, Jokowi 58,7 Persen, Prabowo 30,9 Persen

MUSTANIR.com, JAKARTA — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis elektabilitas terbaru pasangan capres dan cawapres. Berdasarkan survei, elektabilitas pasangan Jokowi-KH Maruf Amin unggul di atas 20 persen dari pasangan Prabowo-Sandiaga.

“Pada bulan Februari (2019) elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin sebesar 58,7 persen. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandi sebesar 30,9 persen,” ujar peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa di Graha Dua Rajawali, Jakarta Timur, Selasa (5/3/2019).

Ardian Sopa menjelaskan, berdasarkan survei yang dilakukan LSI Denny JA, elektabilitas paslon Jokowi-Ma’ruf selalu unggul sejak Agustus 2018 hingga Februari 2019. “Enam bulan masa kampanye, Jokowi-Ma’ruf stabil unggul di atas 20 persen terhadap Prabowo-Sandi,” katanya.

LSI Denny JA mencatat ada 9,9 persen responden yang belum menentukan pilihan, rahasia, atau tidak menjawab. Selain itu, ada 0,5 persen suara yang tidak sah dalam survei tersebut. Ardian Sopa menjelaskan, suara tidak sah tersebut kali ini ada karena pihaknya pada Februari 2019 menggunakan simulasi kertas suara. Maka dari itu, ada beberapa responden yang salah dalam mencoblos kertas suara.

“Jadi kali ini kami tidak menanyakan siapa pilihannya ke responden, tapi kami memberi kertas suara kepada responden untuk dicoblos,” ujar Ardian Sopa.

Survei dilakukan pada tanggal 18-25 Februari 2019, dengan menggunakan 1.200 responden. Survei dilakukan di 34 provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuisioner. Margin of error survei ini adalah 2,9 persen. LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisis survei. Namun, Ardian Sopa menjelaskan, pada 17 April 2019 nanti, pihaknya akan melakukan hitung cepat untuk pilpres 2019.

“Meski kita melaksanakan quick count, tetap hasil resminya dari KPU RI,” ujar Ardian Sopa. []

Sumber: Republika

Categories