Masjidil Haram Memulai Proyek Perluasan Bangunan Yang Ketiga

gambar masjidil haram
gambar masjidil haram

Masjidil Haram Memulai Proyek Perluasan Bangunan Yang Ketiga

Mustanir.com – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, Ahad (12/07), resmi membuka proyek perluasan ketiga Masjidil Haram, Mekah. Nantinya, masjid suci ini mampu menampung hingga satu juta delapan ratus lima puluh jamaah.

Proyek ini akan memperluas bangunan Masjidil Haram hingga satu juta empat ratus tujuh puluh ribu meter persegi. Diperkirakan, bangunan baru masjid bisa menampung sebanyak 118 ribu jamaah haji yang tengah menjalankan Sa’i dalam satu jam.

Perluasan ini juga mencakup area untuk jamaah yang Thawaf. Diprediksi, bangunan baru itu mampu menampung sebanyak 107 ribu jamaah Thawaf dalam satu jam.

Proyek ini sendiri direncanakan selesai pada akhir Ramadhan tahun depan.

Sebelumnya, Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud menginstruksikan pihak berwenang untuk memperluas daerah-daerah di sekitar Masjidil Haram. Hal itu diperlukan mengingat meningkatnya jumlah jamaah haji dan umrah setiap tahunnya.

“Raja Salman telah menyetujui pembukaan proyek perluasan Masjidil Haram untuk para jamaah,” ujar Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci, Sheikh Abdul Rahman Al Sudais, awal tahun ini.

Perlu diketahui, perluasan Masjidil Haram pertama kali dilakukan pada masa kekhilafahan Umar bin Khatab. Kemudian, perluasan itu terus dilakukan seiring bertambahnya jumlah umat Islam. Kendati demikian, perluasan itu tidak mengubah arsitektur Islam yang khas. (kiblatnet/adj)

Categories