Mengenal Kitab-Kitab Fiqih dalam Madzhab Hanafi (1)

Mengenal Kitab-Kitab Fiqih dalam Madzhab Hanafi (1)

Mustanir.com – Jika berbicara madzhab fiqih yang pertama, kaum muslimin akan teringat dengan madzhab Hanafi pastinya. Beliau adalah 1 dari 4 imam dari madzhab fiqih Ahlu Sunnah yang diakui pendapatnya. Kami ingin memperkenalkan kitab-kitab fiqih dalam madzhab yang dinisbatkan kepada Imam Abu Hanifah ini.

Kitab Jami’us Shaghir karya Imam Asy-Syaibani

Al-Jami As-shaghir wa Syarhuhu An-Nafi’ Al-kabir adalah kitab fiqih dari madzhab Hanafi. Ditulis oleh Abu Abdillah Muhammad bin Al-hasan bin Farqad As-syaibani.

Buku ini dinamai Al-Jami’ As-Shaghir karena di dalamnya hanya ada pembahasan tentang beberapa masalah pokok yang berkaitan dengan fiqih. Karena penulis sangat mengutamakan masalah-masalah yang berkenaan dengan kehidupan sehari-hari dan yang sering terjadi.

Mengenai latar belakang penulisan kitab ini, Fakhrul Islam Al-bazdawi berkata bahwa Abu Yusuf (guru Muhammad bin Al-Hasan ) meminta sang penulis untuk menuliskan sebuah kitab yang bersumber dari perkataannya. Maka ditulislah kitab tersebut dan penulis menyandarkan pendapat-pendapat yang ada dalam kitabnya kepada Abu Yusuf dan Abu Hanifah.

Walaupun penulis menyandarkan pendapatnya kepada Abu Yusuf, dia tidak selalu menyebutkan Abu Yusuf dalam periwayatannya, akan tetapi dia hanya menyebutkan nama Ya’qub yaitu nama asli Abu Yusuf.

Berbeda dengan Abu Hanifah, sang penulis tak mengubah nama beliau dengan nama asli. Namun menurut Qadhihan, kitab ini adalah karya Abu Yusuf.

Meskipun ada yang berselisih paham mengenai siapa yang menulis kitab ini, kebanyakan ulama masih menganggap penulis aslinya adalah Muhammad bin Al-Hasan As-Syaibani. Seperti beberapa kitab fiqih yang lain, kitab ini juga pernah mengalami perubahan.

Agar pembaca dapat lebih fokus memahami konten setiap permasalahan, Al-qadhi Al-imam Abu Thahir Ad-dabbas memilah-milah semua permasalahan yang ada dalam kitab dan membaginya ke dalam beberapa bab. Karena, ketika menulis kitab ini sang penulis belum mengklasifikasi semua permasalahan ke dalam tiap-tiap bab.

Namun, walaupun kitab ini hanya terdiri dari beberapa pembahasan, ia tetap layak dijadikan rujukan mengingat pendapat-pendapat abu hanifah dan abu yusuf yang menjadi sandaran penulisan kitab ini.

http://www.rumahfiqih.com/maktabah/x.php?id=7&=al-jami

jami-us-shaghir

Categories