Meski Ditolak Sultan Akses Tol ke Bandara Baru Yogya Tetap Dibangun

MUSTANIR.net – PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) memastikan Solo-Yogyakarta tetap akan tersambung jalan tol hingga Bandara Baru Yogyakarta di Kulon Progo, meski ditolak Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Direktur Utama Adhi Karya, Budi Harto menyebut, jalan tol akses bandara baru termasuk dalam trase Tol Yogyakarta-Solo. Pun ruas tol itu telah masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diprioritaskan pemerintah.

“Jadi (dibangun), sampai ke Kulon Progo (bandara baru) jadi,” tegasnya kepada kumparan, Jumat (5/7/2019).

Memang berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, rute tol yang akan dibangun oleh Adhi Karya itu yakni Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo sepanjang 91,93 km.

Namun jika menengok daftar PSN yang diterbitkan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), trase Tol Yogyakarta-Solo hanya sepanjang 40,49 km dan tak tercantum rute menuju bandara baru.

“Ya itu disesuaikan, Jadi Sultan sudah mengizinkan sebenarnya,” kata Budi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY, Hananto Hadi Purnomo, menjelaskan bahwa Sri Sultan menolak Tol Yogyakarta-YIA karena tidak memiliki acuan.

Sebab sepengetahuannya, tol yang akan melintasi Kulon Progo adalah rute Yogyakarta-Cilacap, bukan Yogyakarta-Solo. Sementara Tol Yogyakarta-Cilacap masih dalam tahap perencanaan, bukan pembangunan.

“Yang ada itu adalah jalan Tol Yogya-Cilacap, lewatnya Kulon Progo. Jadi kalau Pak Gubernur ngomong enggak setuju Tol Yogya-Bandara, lha enggak ada acuannya kok,” katanya saat jumpa pers di salah satu resto di Yogyakarta, Rabu (3/7/2019).[]

Sumber: Kumparan

Categories