Myanmar Sedang Melakukan Pembersihan Etnis Muslim

Myanmar Sedang Melakukan Pembersihan Etnis Muslim

Mustanir.com – Myanmar sedang melakukan pembersihan etnis terhadap muslim Rohingya, sebagaimana diungkapkan pejabat PBB untuk lembaga pengungsi dunia.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pengungsi PBB (UNHCR) di kota Cox’s Bazar, perbatasan Bangladesh, John McKissick. “Para tentara membunuh orang, menembak mereka, menyembelih anak-anak, memperkosa para wanita, membakar dan menjarah rumah-rumah, memaksa orang-orang untuk menyeberangi sungai,” ungkapnya seperti dilansir Aljezeera Jumat (25/11).

Penyerangan tentara dan kelompok ekstremis Myanmar juga menciptakan gelombang pengungsi di kalangan etnis Rohingya. PBB mencatat sedikitnya 30.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat aksi kekerasan yang mereka alami.

Di sisi lain, pihak berwenang Bangladesh juga enggan membuka pintu perbatasan. “Ini lebih lanjut akan mendorong pemerintah Myanmar untuk melanjutkan kekejaman dan mendorong mereka keluar, sampai mereka mencapai tujuan akhir mereka pembersihan etnis minoritas Muslim di Myanmar,” ujar McKissick.

Pernyataan McKissick itu diperkuat oleh fakta yang diungkapkan oleh para pengungsi Rohingya yang selamat dari penyerangan. Seorang pengungsi bernama Mohammad Ayaz pada Kamis (24/11) menceritakan bagaimana para tentara menyerang desanya dan membunuh istrinya yang sedang hamil.

Dengan menggendong anaknya yang berusia dua tahun, Ayaz mengungkapkan bahwa pasukan Myanmar menewaskan sedikitnya 300 orang di pasar desa. Puluhan wanita Rohingya diperkosa sebelum membakar sekira 300 rumah warga, termasuk toko-toko milik umat Islam. Masjid tempat dia menjadi imam juga menjadi sasaran pembakaran. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

Apa yang sesungguhnya terjadi di Myanmar adalah pemberishan etnis secara sistemik oleh negara dan penduduk Myanmar kepada umat Islam Rohingya. Dalam kacamata apapun, yang dilakukan oleh penduduk Myanmar dan negaranya adalah sebuah tindakan biadab dan patut mendapatkan hukuman.

Tidak hanya umat Islam di Rohingya saja yang sedang mengalami pembersihan etnis dan kedzaliman. Hampir diseluruh tempat di dunia ini, dimana kaum muslimin minoritas, kejahatan semisalnya telah terjadi. Inilah pentingnya umat Islam memiliki pelindung bernama Khalifah yang akan melindungi kaum muslimin dari musuh-musuhnya dan berperang dibelakangnya.

Categories