Nasib Pengungsi akan dibahas dalam Pertemuan OKI

sekjen-oki

Nasib Pengungsi akan dibahas dalam Pertemuan OKI

Mustanir.com – Komite eksekutif Organisasi Kerja Sama Negara-Negara Islam (OKI) akan melangsungkan pertemuan dalam beberapa hari mendatang membahas tentang isu pengungsi di Kantor mereka di Jeddah.

Sekretaris Jenderal OKI Iyad Madani kepada wartawan, usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Raja Faisal, Jeddah, Sabtu, mengatakan bahwa pertemuan yang akan berlangsung dalam waktu dekat untuk menyikapi isu tentang pengungsi, termasuk dari Suriah.

“Kami adakan pertemuan khusus eksekutif komite untuk mendiskusikan isu tersebut, perwakilan Indonesia tentu akan ada,” kata Iyad Madani dikutip Antara.

Ia mengemukakan, dalam pertemuan khusus tersebut ada setidaknya tiga hal yang dibahas, yaitu dimana perlunya pemahaman dan langkah bersama untuk menuntaskan masalah politik di Suriah.
“Masalah ini harus menjadi perhatian negara-negara,” katanya.

Ia berpandangan bila konflik politik bisa diselesaikan maka gelombang pengungsi juga akan selesai.

“Kalau kami tidak menyelesaikan masalah itu, maka akan ada selalu pengungsi,” katanya.

Hal yang kedua, menurut dia, yaitu membahas pemahaman bahwa semua negara memiliki tanggung jawab untuk mengatasi masalah pengungsi dan yang terakhir mengenai pesan bahwa masalah ini bukan hanya ada di tataran negara berpenduduk Muslim namun juga permasalahan di berbagai negara di seluruh belahan dunia.

Hasil dari pertemuan komite eksekutif OKI itu akan ditindaklanjuti dalam forum yang lebih besar untuk kemudian diimplementasikan, katanya menambahkan. (hidayatullah/adj)

Categories