Pangeran Saudi Ini Akan Sumbangkan 426 Trilyun Untuk Amal

pangeran-alwaledd-bin-talal-_150703092049-902

Pangeran Saudi Ini Akan Sumbangkan 426 Trilyun Untuk Amal

Pangeran Alwaledd bin Talal membuat heboh negerinya. Itu setelah ia berjanji untuk menyerahkan seluruh kekayaannya sebesar 32 juta miliar dolar AS atau sekitar Rp 426 triliun untuk proyek amal pada tahun-tahun mendatang. Sangat mungkin, sumbangan amal itu akan menjadi yang terbesar di dunia, yang dilakukan seorang individu.

Dana itu akan dikelalola sebuah badan bernama Alwaleed Philanthropies. Alwaledd termasuk kelompok keluarga kerajaan Arab Saudi dan merupakan keponakan Raja Abdullah yang meninggal pada 23 Januari lalu.

Dalam sebuah pernyataannya, Alwaledd menyatakan, “janji filantropis akan membantu membangun jembatan untuk menumbuhkan pemahaman budaya, membangun masyarakat, memberdayakan perempuan, memungkinkan remaja, memberikan bantuan bencana penting, dan menciptakan dunia yang lebih toleran dan menerima.”

Sumbangan itu, kata dia, “akan dialokasikan sesuai dengan rencana, yang dirancang sepanjang tahun-tahun mendatang.” Hanya, ia menekankan, tidak ada batas waktu untuk donasi yang akan dihabiskan.

Alwaleed mengatakan ia akan memimpin sebuah dewan pengawas yang bertugas untuk membelanjakan dana itu. Dia menambahkan, dana itu akan tetap bisa digunakan setelah kematiannya. Tentu saja, “untuk proyek-proyek kemanusiaan dan inisiatif”.

Pangeran berusia 60 tahun itu menyatakan, inspirasi amal yang dilakukannya datang dari pendiri Microsoft, Bill Gates. Dia ingin, yayasannya mengelola dana amal, seperti yang dijalankan The Bill dan Melinda Gates Foundation di Amerika Serikat.

Dilaporkan Aljazeera, Alwaleed mengatakan kepada wartawan bahwa selama ini telah menyumbangkan total 3,5 miliar dolar AS (Rp 46 triliun) selama lebih 35 tahun, melalui Alwaleed Filantropi.

Banyak diketahui, Alwaleed Philanthropies aktif membantu pembangunan rumah dan menyediakan listrik bagi penduduk Arab Saudi yang terisolasi. Di samping itu, beberapa proyek amal lainnya di dunia juga dilakukannya. (rol/adj)

Categories