Pemerintah Sebut Nilai Pancasila Ampuh Tolak Paham Radikalisme

MUSTANIR.net – Masyarakat diminta mempertebal rasa memiliki terhadap negara Indonesia serta memahami Pancasila sepenuhnya dalam rangka menangkal hoaks yang dapat berujung pada perpecahan. Dengan rasa memiliki terhadap negara disertai implementasi makna Pancasila diyakini masyarakat juga akan mampu menolak paham radikal.

Hal itu disampaikan Sekretaris Deputi IV Kesatuan Bangsa Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Brigadir Jenderal Mamboying. Dia bicara dalam diskusi bertajuk ‘Kita Indonesia, Kita Pancasila: Upaya Mengadang Hoaks dan Radikalisme’ di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

“Kami memiliki harapan kepada masyarakat. Di antaranya agar mempunyai rasa ikut memiliki negeri ini. Mempertebal jiwa nasionalisme serta bangga menjadi bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Mamboying.

Mamboying mengatakan bahwa pemerintah selalu berharap masyarakat memahami Pancasila dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dia yakin, apabila memahami kandungan makna dalam Pancasila, masyarakat pasti akan mengutamakan kerukunan dan persaudaraan sebagai sesama warga negara Indonesia.

Masyarakat juga harus menolak paham yang bertentangan dengan Pancasila. Mamboying menegaskan bahwa Pancasila adalah landasan utama rakyat Indonesia yang memiliki berbagai macam identitas.

“Pancasila sudah teruji. Pancasila jangankan diubah, ditawar saja tidak bisa,” kata Mamboying.

Kepala Subdirektorat Kontrapropaganda Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Kolonel Sujatmiko mengatakan hal serupa. Dia yakin Pancasila adalah benteng utama dalam menjaga persatuan.

Pancasila juga dinilai mampu menangkal paham radikalisme. Sujatmiko berharap Pancasila benar benar menjadi pegangan masyarakat Indonesia ketika dihadapkan berbagai hal dalam kehidupan sehari hari

“Para penganut paham radikalisme pada dasarnya tidak menghargai ajaran leluhur. Sudah pasti bertentangan dengan Pancasila,” ucap Sujatmiko.[]

Sumber: CNN

Categories