Pemimpin Taliban Wafat Dan Kepemimpinannya Berganti

mollah-omar

Pemimpin Taliban Wafat Dan Kepemimpinannya Berganti

Mustanir.com – Imarah Islam Afghanistan atau Taliban telah memilih Mullah Akhtar Mansur sebagai pemimpin baru, sebagaimana diungkapkan sumber Taliban kepada Al Jazeera. Sebelumnya Taliban telah mengkonfirmasi wafatnya pemimpin sekaligus pendiri mereka Mullah Umar.

Menurut laporan, pemilihan pemimpin baru tersebut dilakukan pada Kamis (30/07). Meskipun, belum ada pernyataan resmi dari Taliban terkait laporan tersebut.

Namun, seorang komandan yang hadir dalam pertemuan pemilihan Mullah Akhtar Mansur itu telah mengkonfirmasi informasi tersebut, sebagaimana dilaporkan Reuters. Menurut laporan tersebut, pemilihan pemimpin baru Taliban dilakukan di kota Quetta, Pakistan.

Berita pemilihan itu muncul bersamaan dengan pernyataan seorang perwakilan Taliban dan akun kelompok tersebut di Twitter, yang membenarkan wafatnya Mullah Umar. Namun, pernyataan tersebut tak menjelaskan lokasi dan waktu kematiannya.

Mansur adalah pemimpin kedua Imarah Islam Afghanistan setelah Mullah Umar. Pemimpin pertama Taliban itu mendirikan kelompok perjuangannya pada era 1990an silam.

Menurut Yehia Ghanem, seorang wartawan yang bertahun-tahun meliput Taliban, Mansur merupakan seorang tokoh kunci dalam kelompok Taliban. Sebelum terjadinya invasi Amerika, dia menjabat sebagai gubernur Kandahar. Menurut Ghanem kepemimpinan dan pengalaman intelijen Mansur di Kandahar, yang merupakan tempat kelahiran Taliban, membuatnya layak menjadi penerus Mullah Umar.

Sebelumnya, pemerintah Afghanistan pada Rabu (29/07) mengumumkan bahwa pemimpin Taliban Mullah Umar telah wafat lebih dari dua tahun yang lalu. Pihak berwenang Kabul menyebutkan bahwa dia meninggal di sebuah rumah sakit di Karachi.

Awalnya terjadi ketidakpastian informasi terkait wafatnya pemimpin sekaligus pendiri Taliban tersebut. Bahkan, sejumlah media terkemuka seperti Voice of America (VOA) sempat melaporkan bahwa Taliban membantah kematian Mullah Umar. (kiblatnet/adj)

Categories