Pertalite Hanya Grand Design Pemerintah Untuk Hapus BBM Bersubsidi

pertamina-klaim-pertalite-lebih-ekonomis-daripada-premium

Pertalite Hanya Grand Design Pemerintah Untuk Hapus BBM Bersubsidi

Mustanir.com – Rencana Pemerintah untuk mengalihkan bahan bakar minyak (BBM) dari RON 88 ke RON 90 yang dinamakan Pertalite diduga adalah bagian dari skenario besar untuk menghapus BBM bersubsidi, yaitu Premium yang memiliki nilai oktan (RON) 88.

“Atau minimal menekan produksi dan konsumsinya serendah mungkin. Jadi secara bertahap produksi Premium dikurangi, sementara di sisi lain masyarakat mulai terbiasa dengan Pertalite,” kata Dradjad H.Wibowo, Ekonom dari Dradjad Wibowo & Partners (DWP), sebuah lembaga kajian strategis dan intelijen ekonomi, Rabu (22/4).

“Saya sangat yakin Pertalite ini bukan inisiatif Pertamina sendirian sebagai korporasi, misalnya untuk menaikkan penerimaan,” kata dia.

Baca Juga: Baru Sepekan Uji Coba, Pertalite Sudah Laris

Dia melanjutkan, salah satu strategi untuk menghapus atau menekan subsidi BBM adalah memang melalui penggantian Premium dengan produk non-subsidi. Momentum paling tepat untuk itu adalah ketika harga minyak dunia (jenis WTI) di bawah USD 60 perbarrel. Kondisi itu diperkirakan berlangsung hingga pertengahan 2016.

“Jadi ada waktu sekitar setahun untuk membiasakan rakyat dengan Pertalite. Momentum ini bisa menguap cepat jika USD terus menguat. Karena itu Pemerintah dan Pertamina bergegas memanfaatkannya,” jelasnya.

“Harapannya, lama-lama masyarakat lupa dengan Premium dan terbiasa dengan Pertalite. (beritasatu/adj)

Categories