Foto: Republika/Sapto Andika Candra

Sandi Khawatir, Masih Ada 17 Juta DPT Bermasalah

MUSTANIR.net – Calon Wakil Presiden RI nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno masih merasa khawatir, terkait dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap atau DPT Pemilu 2019. Sebab, saat ini masih ada sekitar 17 juta DPT yang bermasalah.

Eks Wagub DKI ini mengatakan, sampai saat ini belum ada perkembangan untuk menangani permasalahan DPT ini. Menurut pria yang akrab dipanggil Sandi ini, sisa waktu sebelum pemungutan semakin sedikit, maka masalah ini harus segera diselesaikan.

“Ini perkembangannya belum ada sama sekali. Belum memuaskan. Saya takutnya, ini kan tinggal 26 hari lagi, kalau kita tidak serius menanggapi ini, banyak pertanyaan dari masyarakat,” kata Sandi di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (21/3).

Menurut Sandi, pada saat pemungutan suara nanti, permasalahan terkait DPT ini harus tuntas. Apalagi, permasalahan mengenai adanya data ganda dan lain sebagainya. Karena jika tidak tuntas, akan mencederai proses berlangsungnya demokrasi. Data ganda tersebut, dapat menjadi celah untuk melakukan kecurangan.

“Ayo jangan kita salahkan KPU (Komisi Pemilihan Umum), jangan kita saling menyalahkan, kita bereskan yang 17 juta. Ini krusial sekali, ini sangat strategis, kita lihat bagaimana hadirkan pemilu yang jurdil (jujur dan adil),” ujarnya

Sandi berharap, Pemilu 2019, dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan. “Jurdil itu bermula dan berakhir di DPT. Jadi, harus ada kejelasan ini DPT-nya seperti apa, apakah ini merupakan DPT yang terverifikasi dan tervalidasi,” ujarnya. []

Sumber: viva

Categories