Sembilan Pengungsi Tewas Tenggelam di Laut Turki

Kapal Pengungsi. foto: rol


MUSTANIR.COM, ISTANBUL – Sembilan orang, termasuk enam anak-anak, tewas pada Ahad (3/6) sesudah kapal cepat yang membawa 15 pengungsi tenggelam di lepas pantai provinsi selatan Turki, Antalya. Penjaga pantai Turki menyebutkan lima orang pengungsi berhasil diselamatkan.

Sedangkan satu orang pengungsi dilaporkan hilang. Pencarian dan penyelamatan untuk satu pengungsi, yang diyakini hilang, berlanjut.

Sementara itu dari Tunisia dilaporkan sedikitnya 35 orang pendatang tewas akibat kapal mereka tenggelam di lepas pantai selatan Tunisia. “67 orang lainnya berhasil diselamatkan penjaga pantai,” kata Kementerian Pertahanan pada Ahad (3/6).

Para pendatang itu adalah warga Tunisia dan warga dari negara lain. Sindikat perdagangan manusia kerap menggunakan Tunisia sebagai landasan peluncuran bagi pendatang menuju Eropa saat penjaga pantai Libya, yang dibantu kelompok bersenjata, memperketat pengawasan.

Pejabat keamanan mengatakan kapal itu dipenuhi sekitar 180 pendatang, termasuk 80 dari negara lain di Afrika. Pengangguran Tunisia dan orang Afrika lain sering mencoba berangkat dengan perahu darurat dari Tunisia ke Sisilia di Italia.
(republika.co.id/4/6/18)

Categories