Setelah Gempa Nepal, Kuil Hancur Namun Masjid Tetap Tegak Berdiri

gempa-nepal-foto

Setelah Gempa Nepal, Kuil Hancur Namun Masjid Tetap Tegak Berdiri

Gempa Hancurkan Kuil

Gempa dahsyat berkekuatan 7,8 yang melanda Nepal (Sabtu, 25/4/2015) menewaskan lebih dari 5000 orang dan meluluhlantakan bangunan, termasuk kuil-kuil bersejarah di Nepal. (Baca: Gempa Nepal Luluhlantakan Kuil Bersejarah)

Masjid Tetap Tegak Setelah Gempa

Masjid Jami di Bag Bazaar, Ibu Kota Kathmandu, Nepal itu masih berdiri tegak. Tak ada dinding terkelupas atau bahkan retak. Aktivitas di sekitar area masjid sangat ramai. Pertokoan mulai buka, walau madrasah masih tutup.

Merujuk sensus terakhir, ada 1,1 juta penganut ajaran Islam di Nepal, urutan ketiga setelah Hindu dan Buddha. Itu mencakup sekitar 10 persen total populasi di negara lereng Pegunungan Himalaya tersebut. Kebanyakan adalah warga India keturunan etnis urdu.

“Kami bersyukur, ini semua karena kuasa Allah,” kata, anggota takmir Masjid Jami Nepal Mohammad Rizwan, salah satu aktivis masjid setempat (5/5)

Rizwan menjelaskan Masjid Jami Nepal ini bangunan yang relatif lebih baru. Renovasi besar masjid ini terakhir dilakukan pada 1995.  Tapi hanya berjarak 600 meter, ada Masjid Khasmiri Taqiya yang dekat Universitas Tri Chandra. Masjid itupun tidak mengalami kerusakan apapun. Padahal tempat ibadah itu sudah dibangun sejak 1524 Masehi. Di banyak tempat di Nepal yang terkena gempa, banyak bangunan hancur, namun alhamdulillah masjid-masjid tetap utuh berdiri dengan kokoh. [Baca juga: Gempa Nepal Sudah Tewaskan 4352 Jiwa]

Keajaiban atas tetap berdirinya Rumah-Rumah Allah di Nepal, pernah juga terjadi saat Aceh dihantam gempa besar yang disusul gelombang tsunami raksasa. Semua ini menunjukkan jika Allah SWT selalu menjaga rumah-rumah-Nya dan menjadi hikmah bagi mereka yang mau berpikir. (adj)

Categories