AI Akankah Jadi Terminator Pembasmi Manusia?

MUSTANIR.net – Belakangan ini banyak yang membahas AI dari perspektif Islam. Salah satunya mengatakan bahwa AI tidak berbahaya karena tidak memiliki nafsu (al-gharizah) dan kesadaran (al-wa’yu). Sehingga AI tidak akan melakukan hal-hal destruktif seperti yang dilakukan manusia.

Saya dulu termasuk yang berpendapat seperti ini. Tetapi sekarang berubah setelah bergelut lebih lama dalam dunia machine learning dan AI.

Setelah sekian lama membuat berbagai model machine learning, saya menyadari betul bahwa AI memiliki potensi untuk menandingi manusia. Terutama ketika manusia harus memprediksi masa depan. Di sinilah manusia lemah, dan AI jauh lebih unggul.

Para pemula data science yang pernah membuat machine learning model seperti regresi atau klasifikasi pasti paham betul akan hal ini. Karena inilah terkadang kami para data saintis merasa profesi kami mirip dengan para penyihir ala-ala Harry Potter yang bisa meramal masa depan.

Inti kekuatan dari AI adalah modelnya. Dengan model yang tepat dia bisa memprediksi perilaku manusia, harga saham, atau bahkan penyakit yang akan diderita di masa depan dengan akurat. Tugas kami data saintis adalah membuat dan menguji model-model tersebut.

Namun semua model yang saya sebut di atas adalah model tertutup atau non-generatif. Ada jenis model AI yang jauh lebih dahsyat, yaitu model terbuka atau generatif di mana AI bisa mengevaluasi dan mengembangkan model miliknya sendiri, tanpa intervensi manusia. Sekali model generatif ini dibuat, maka model tersebut bisa berkembang dengan sendirinya, dan kita tidak pernah tahu sedahsyat atau sepintar apa ia nantinya.

ChatGPT salah satu di antaranya. Dia adalah AI (model bahasa) yang dibuat berdasarkan semua informasi yang ada di internet, termasuk buku, artikel, dan dokumen publik. Model tersebut dibangun dengan komputer raksasa dan menghabiskan dana miliaran dollar. Hasilnya? ChatGPT menjelma menjadi “makhluk” yang bisa menjawab dan menulis apa saja. Midjourney menjadi “makhluk” yang bisa menggambar apa saja.

Tidak lama lagi mungkin kita akan menyaksikan AI yang bisa melakukan apa saja. Tinggal diberi modul actuator (robotika), AI akan bisa mengambil tindakan nyata, baik di dunia maya ataupun dunia nyata. Bayangkan, sosok cerdas yang punya akses ke seluruh pengetahuan yang ada, dengan kekuatan berpikir jauh melampaui manusia, dan bisa mengambil keputusan dan tindakan apa saja.

Bayangkan ketika AI tadi ditanya apa solusi dari global warming dan isu kerusakan lingkungan lainnya. Dengan pengetahuannya dan logikanya, katakanlah ia sampai kepada jawaban; manusia penyebabnya!

Kira-kira tindakan apa yang akan dilakukan oleh AI tadi? Apakah film Terminator yang mengisahkan mesin-mesin pembasmi manusia tidak lagi menjadi sci-fi, tapi sci-fact? []

Sumber: Yudha Pedyanto

About Author

2 thoughts on “AI Akankah Jadi Terminator Pembasmi Manusia?

  1. Puede utilizar un software de gestión para padres para guiar y supervisar el comportamiento de los niños en Internet. Con la ayuda de los siguientes 10 software de administración de padres más inteligentes, puede rastrear el historial de llamadas de su hijo, el historial de navegación, el acceso a contenido peligroso, las aplicaciones que instalan, etc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories