Umat Islam Kini

umat-islam-kini

Umat Islam Kini

Oleh: Ustadz Syarif Tahrir

Mustanir.com – Jumlah ? Banyaak. Bahkan jika kristen katholik dan protestan tidak disatukan, jumlah umat Islam kini telah menjadi umat terbesar di muka bumi ini dalam jumlah.

Namun ini bukanlah hal yang langsung membuat kita puas dan bergembira, karena Rasulullah memang sudah mengkhabarkan jumlah umat Islam itu akan seperti buih di lautan.

Pernah lihat buih saat gelombang menghempas ke pantai ? Wow ! 1 m persegi saja dari kumpulan buih itu sudah sulit kita menghitung jumlah buih-buih di dalamnya. Bayangkanlah jika hendak mengira berapa banyak buih di luasnya lautan ? Itulah jumlah umat Islam di muka bumi ini saat ini.

Namun, perumpamaan Rasulullah tentang buih ini ternyata bukan perumpamaan yang membanggakan, karena dalam hal ini Rasulullah justru menekankan pada posisi buih itu di lautan. Terombang-ambing kesana kemari. Terhempas ke karang-karang berulang kali oleh terjangan ombak. Khabar dari rasulullah itu ternyata adalah khabar yang membuat kita meringis dan sedih.

Jika kita merenungkan khabar Rasulullah lainnya :
Dari Sauban radhiyallahu ‘anhu berkata: Bersabda Rasulullah SAW:

إِنَّ اللهَ زَوَى لِي اْلأَرْضَ فَرَأَيْتُ مَشَارِقَهَا وَمَغَارِبَهَا وَإِنَّ أُمَّتِي سَيَبْلُغُ مُلْكُهَا مَا زُوِيَ لِي مِنْهَا

“Sesungguhnya Allah telah mengumpulkan (memperlihatkan) bumi kepadaku. Sehingga, aku melihat bumi mulai dari ujung Timur hingga ujung Barat. Dan umatku, kekuasaannya akan meliputi bumi yang telah dikumpulkan (diperlihatkan) kepadaku….” (HR. muslim, Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Ini khabar lain yang berbeda dari khabar pertama. Jika khabar pertama tentang banyaknya jumlah umat Islam namun tidak berdaya, pada khabar ini mengatakan umat Islam akan berkuasa dari ujung Timur hingga ujung Barat.

Inilah kebangkitan umat, ketika jumlah yang banyak itu punya kemauan untuk kembali berkuasa, punya kemauan untuk melepaskan diri dari cengkeraman para penjajah, punya kemauan untuk menyatukan kekuatan, punya kemauan untuk dipim[in oleh hanya satu pemimpin yang akan menjaga umat tetap menyatu.

Seluruh kemauan ini tidak datang dengan sendirinya. Kemauan ini muncul ketika ada kelompok penyeru. Disinilah tugas berat tapi mulia dari hamlud dakwah yang menyeru umat Islam untuk kembali menegkkan syariah dan Khilafah, karena hanya lewat thariqah inilah yang akan mungkin mewujudkan bisyarah Rasulullah, yaitu berkuasanya kembali umat Islam dari ujung Timur sampai ujung Barat bumi ini.

Bayangkanlah sebaliknya jika para penyeru itu tidak ada. Seberapa banyakpun umat Islam di muka bumi ini, tetap dalam posisi lemah bagai buih di lautan, karena mereka akan tetap terlena dalam ashabiyah nasionalisme masing-masing. Mereka akan tetap menjadikan kebanggan kebangsaan sebagai harga mati. Mereka akan tetap ridha pada pemikiran-prmikiran kafir seperti Sekulerisme-Demokrasi-Kapitalisme dan berbagai isme lainnya.

Kepada saudaraku pengemban dakwah penyeru umat utk menegakkan syariah dan Khilafah, janganlah kecut hati memikirkan bagaimana bisa mengubah cara fikir 1,6 milyar umat Islam di muka bumi ini. Hadits di atas, serta hadits dari rasulullah tentang akan tegaknya kembali Khilafah ala minhajin-nubuwah sudah menjadi jaminan pasti bahwa kita akan behasil mengubah cara fikir 1,6 milyar umat Islam di muka bumi ini. Karena jika pemikiran umat tidak berubah, mustahil Khilafah akan tegak, dan mustahil pula umat akan berkuasa dari ujung Barat sampai ujung Timur bumi ini.

It’s just a matter of time. Bersabarlah …..

Categories