UNHCR Salut Kepedulian Warga Aceh Terhadap Pengungsi Rohingya

rohingya-di-aceh

UNHCR Salut Kepedulian Warga Aceh Terhadap Pengungsi Rohingya

Besarnya kepedulian warga Aceh dalam membantu pengungsi Rohingya membuat badan PBB untuk masalah pengungsi (UNHCR) salut.

“Mereka (warga Aceh) memberikan donasi berupa makanan, minuman, dan pakaian tidak habis-habisnya mengalir,” kata juru bicara UNHCR di Indonesia, Mitra Salima Suryono, beberapa waktu lalu saat dihubungi Kiblat.net.

Mitra menuturkan, pemerintah daerah Aceh, khususnya Kota Langsa dan Aceh Utara, sangat sigap dalam menangani kedatangan pengungsi asal Myanmar dan Banglades di wilayahnya. Pemerintah daerah setempat juga mengoordinasikan semua pihak yang terlibat di lapangan dengan sangat baik.

“Saya sangat salut, pemerintah dan masyarakat lokal di Aceh membuka tangannya kepada orang-orang ini (pengungsi, red.) dengan sangat baik,” imbuh Mitra.

Dia menambahkan bahwa pihaknya terus mendorong kepada pihak internasional, khususnya pemerintah di wilayah Asia Tenggara, agar memberikan pertolongan kepada para pencari suaka asal Rohingya yang masih berada di laut. Pihak berwenang diminta agar mengerahkan tim pencarian dan penyelamatan (SAR) agar membawa mereka ke darat.

Menurut pengakuan para pengungsi yang telah mendarat dengan selamat, imbuh Mitra, masih ada kapal-kapal pengungsi Rohingya yang berada di laut. UNHCR sendiri tak bisa menyebutkan secara pasti jumlah mereka, namun diperkirakan jumlah mereka mencapai ribuan orang.

Para pengungsi etnis muslim Rohingya terdampar di beberapa lokasi di Aceh, setelah mengarungi lautan selama beberapa bulan. Mereka terpaksa meninggalkan negara asalnya Myanmar karena mengalami perlakuan kejam dan menjadi sasaran pembantaian oleh rezim militer dan ekstremis Budha Myanmar. (kiblatnet/adj)

Categories