Wahai Kaum Muslimin, Tolonglah Saudaramu di Uighur

pasukan-keamanan-china

Wahai Kaum Muslimin, Tolonglah Saudaramu di Uighur

Dalam sejumlah operasi yang dilancarkan baru-baru ini, rezim Komunis Cina kembali menangkap dan menahan 181 orang Muslim Uighur di wilayah Turkistan Timur. Menurut pengakuan pemerintah kepada media, 112 orang di antara masuk dalam daftar Daftar Pencarian Orang (DPO), serta dianggap terlibat dalam organisasi kriminal.

Dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan signifikan perlawanan kaum muslim Uighur di wilayah Turkistan Timur, dengan melancarkan serangan-serangan yang menargetkan pasukan rezim komunis Cina. Hal itu karena kebijakan represif dan diskriminatif yang diberlakukan Beijing terhadap warga minoritas tersebut. Pihak keamanan menanggapi itu dengan melancarkan kampanye penangkapan dan penahanan ratusan muslim Uighur di wilayah yang sedang bergejolak itu.

Para aktivis dan pengungsi Uighur di luar negeri melaporkan bahwa polisi Cina menerapkan kebijakan represif secara berlebihan terhadap warga muslim Uighur. Pemerintah Cina menuduh Muslim Uighur berusaha mendirikan negara merdeka di wilayah Turkistan Timur.

Ketua Asosiasi Solidaritas Turkistan Timur, Seyit Tumturk mengatakan bahwa sikap diam yang ditunjukkan oleh dunia dan komunitas internasional, terutama Dunia Islam, PBB sebagai organisasi terbesar, organisasi-organisasi internasional lainnya, serta parlemen Eropa mendorong pemerintah Cina semakin berani menerapkan kebijakan represif terhadap warga Uighur.

Akibat sikap diam komunitas internasional tersebut, sejak 1 Januari 2015 lalu pemerintah Cina melarang shalat karena dianggap tindakan ilegal. Hal-hal yang dianggap bagian dari simbol-simbol Islam juga dilarang, seperti: sajadah, peci/kupluk, biji tasbih, memelihara jenggot, dan hijab. Simbol-simbol itu dianggap sebagai unsur-unsur terorisme. Semua ini belum pernah terjadi sebelumnya di dunia. Tema tentang shalat, puasa, dan pendidikan agama menjadi bahan diskusi dalam kerangka terorisme. Karena itu, hari ini Xinjiang tak ubahnya seperti sebuah penjara terbuka. (kiblatnet/adj)

Komentar

Wahai kaum muslimin tolonglah saudara-saudara kita di Uighur dan juga di belahan dunia yang lain. Solusi praktisnya adalah mengerahkan tentara kaum muslimin kesana dan solusi lebih solutifnya adalah dengan menyatukan ukhuwah di dalam sebuah daulah Khilafah yang akan melindungi harta dan jiwa kaum muslimin dan memerangi musuh-musuh Allah, Rasulullah dan kaum muslimin

Categories