Wapres Paparkan Alasan Kampus Asing Akan Diizinkan Beroperasi di RI

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ketika ditemui usai jamuan makan siang bersama Presiden RI Joko Widodo di kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (6/2/2018). foto: kompas


MUSTANIR.COM, JAKARTA — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengungkapkan alasan pemerintah akan mengizinkan sejumlah perguruan tinggi asing beroperasi di Indonesia.

Rencana tersebut dimunculkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Alasan Kalla, mendatangkan perguruan tinggi asing ke Indonesia sekaligus sebagai alternatif agar pelajar Indonesia tak lagi ke luar negeri untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

“Pikirannya sederhana, karena kenapa kita memberikan beasiswa yang mahal-mahal untuk anak-anak kita (ke luar negeri)?” kata Kalla di Depok, Jawa Barat, Selasa (7/2/2018).

Beroperasinya perguruan tinggi asing di dalam negeri, menurut Kalla, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

“Mana yang lebih baik, kita bawa sekolahnya ke sini sehingga lebih banyak anak yang bisa sekolah. Sehingga ada juga pembanding. Tentu universitas-univeritas sekitar juga mempunyai manfaat untuk saling belajar,” kata Kalla.

Kalla menjelaskan, ada tiga hal penting dalam pendidikan yang perlu diperhatikan. Adapun tiga hal itu yakni lembaga pendidikannya, infrastruktur dan sistemnya yang baik, serta anak didiknya itu sendiri.

“Tidak semuanya bahwa pendidikan yang baik itu perguruan tinggi yang mahal, sekolah-sekolah mahal. Ini waktunya kita ini terbuka,” ucap dia.
(kompas.com/8/2/18)

Categories