Wikileaks: Iran Ancam akan Serang Turki Jika Menyerang Assad

iran-ahmadinejad

Wikileaks: Iran Ancam akan Serang Turki Jika Menyerang Assad

Mustanir.com – Sebuah dokumen diplomatik Saudi yang dikirim dari Kedutaan Saudi di Teheran untuk Kementerian Luar Negeri, menjelaskan bahwa pemerintah Turki telah menjadi subjek serangan media Iran dan dituduh munafik dan menerapkan kebijakan AS dan “Israel”. Laporan ini menjelaskan bahwa alasan di balik sikap Iran adalah dukungan Turki untuk revolusi Suriah dan mengkritik tindakan represif rezim terhadap rakyatnya.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Teheran telah melakukan banyak upaya untuk mencegah Turki mendukung revolusi Suriah, salah satunya mereka mengirim delegasi khusus untuk memperingatkan Turki agar tidak menggunakan pangkalan militer untuk menyerang rezim Suriah, karena akan berakibat Turki menjadi target serangan roket Iran, lansir Zaman Alwasl pada Selasa (30/6/2015).

Laporan ini mengisyaratkan sebuah upaya telah mulai dibentuk untuk melindungi rezim Nushairiyah di awal revolusi.

Beberapa pekan lalu, WikiLeaks merilis secara online 60.000 dokumen diplomatik Saudi yang sebagian besar berbahasa Arab (arrahmah/adj)

Komentar Mustanir.com

Sepertinya sudah jelas peta perpolitikannya, siapa musuh dan siapa teman. Bukan hanya sekedar isu agama, tapi juga ada kepentingan ekonomi dan kepentingan politik disini. Jika karena aqidah, sudah sedari dulu Turki dan Negara-negara Arab bisa membebaskan Palestina kemudian menyudahi Syiah Houthi di Yaman. Inilah Demokrasi saudaraku.

Categories