Yahudi Kulit Hitam Mengalami Diskriminasi Di Israel

yahudi-kulit-hitam-demo

Yahudi Kulit Hitam Mengalami Diskriminasi Di Israel

Sekitar 1.000 orang Yahudi asal Ethiopia melakukan aksi unjuk rasa di Tel Aviv guna memprotes rasisme yang melembaga di masyarakat Israel.

Senin malam (18/5/2015) aksi turun ke jalan itu berlangsung tanpa insiden dengan pengawasan petugas keamanan, kata seorang juru bicara polisi Zionis, lansir Aljazeera.

Para demonstran meneriakkan slogan menuntut “keadilan sosial” dan ditangkapnya polisi-polisi rasis.

Beberapa pekan terakhir komunitas Yahudi asal Ethiopia melakukan serangkaian unjuk rasa menentang kebrutalan polisi dan rasisme. Sebagian aksi itu berubah menjadi bentrokan antara demonstran dan polisi.

Awal bulan ini, beredar sebuah video yang menunjukkan dua petugas polisi Israel memukuli seorang prajurit militer Israel berkulit hitam, sehingga menimbulkan kemarahan di kalangan warga Yahudi Ethiopia di Tel Aviv.

Unjuk rasa pada 4 Mei itu menarik ribuan massa yang menentang rasisme dan kebrutalan polisi.

Meskipun unjuk rasa awalnya berjalan damai, tetapi kekerasan terjadi setelah polisi melemparkan granat kejut dan menyemprotkan air guna membubarkan demonstran.

Puluhan orang terluka, termasuk empat orang polisi.

Menyusul protes tanggal 4 Mei itu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kepada tentara kulit hitam Yahudi asal Ethiopia yang dipukuli polisi itu bahwa rasisme “tidak akan ditoleransi” di Israel.

Di Israel terdapat sekitar 135.500 Yahudi asal Ethiopia, termasuk lebih dari 50.000 orang yang dilahirkan di sana.

Pada tahun 1980-an dan 1990-an puluhan ribu Yahudi Ethiopia diangkut melalui udara ketika terjadi bencana kelaparan, setelah sebuah keputusan dewan keagamaan Yahudi menyatakan bahwa mereka adalah keturunan langsung dari suku Dann.

Menurut kitab Ezekiel dalam Torah (di Bibel masuk dalam Kitab Perjanjian Lama) Dann atau Dan adalah salah satu anak Yakub –yang dianggap bapaknya orang-orang Yahudi (Israel)– dari Bilhah, yang merupakan pembantu dari Rakhil istri Yakub. Dari Bilhah, Yakub mendapatkan dua anak, yaitu Naphtali dan Dann.

Orang-orang Yahudi asal Ethiopia sejak lama mengeluhkan diskriminasi dan kemiskinan yang mereka alami di Israel.

Lebih dari separuh orang Yahudi asal Ethiopia di Israel hidup dalam kemiskinan dan hanya sebagian dari mereka yang lulus sekolah menegah atas.

Tahun 2013, Israel mengaku memberlakukan suntik KB paksa kepada para wanita Yahudi Ethiopia tanpa sepengetahuan maupun sepengetahuan mereka, guna meredam kelahiran bayi di kalangan Yahudi kulit hitam.

Sejak lama pemerintah Zionis Israel dituding melakukan diskriminasi terhadap imigran dari Afrika.

Categories