50 Ribu Hewan Akan di Kurban di Saudi Arabia

seorang-pedagang-mengembala-kambing-untuk-qurban-di-pasar-hewan

50 Ribu Hewan Akan di Kurban di Saudi Arabia

Mustanir.com – Sekitar 50 ribu hewan kurban akan disembelih di ibukota Arab Saudi sebagai bagian dari perayaan Idul Adha, Kamis (24/9) mendatang. Ada sekitar tujuh rumah pemotongan hewan di berbagai daerah di Riyadh. Pemerintah kota itu mengatakan, tempat-tempat ini siap menerima hewan kurban pada hari-hari Tasyrik.

Pemerintah telah memperingatkan masyarakat untuk tidak membagikan daging korban yang tidak higienis karena akan menimbulkan bahaya kesehatan bagi konsumen. Pasalnya, tahun lalu, sejak hari pertama Idul Adha, pemerintah kota menemukan lebih dari 25 rumah pemotongan hewan yang beroperasi secara ilegal dengan kondisi tidak higienis, meskipun fasilitas telah disediakan oleh pemerintah kota.

Tempat pemotongan hewan berlisensi tahun ini, termasuk Riyadh Automated, kawasan Aziziyah dan Al-Arieja di samping distrik Al-Morooj, wilayah sebelah utara Riyadh, dan distrik Saadah di Riyadh bagian timur.

“Sekitar 300-800 hewan dapat dipotong dalam satu jam di sebagian besar rumah potong tersebut,” kata juru bicara pemerintah kota, dilansir dari Arab News, Senin (21/9).

Menurut pejabat itu, 12 lokasi sementara untuk penjualan, penerimaan dan pengiriman hewan kurban di berbagai belahan di Riyadh juga telah diidentifikasi. Lokasi ini ditujukan untuk melayani warga secara tertib dan teratur guna memastikan kesehatan dan keselamatan mereka. Ia pun menegaskan, semua lokasi yang diperuntukkan untuk pembelian hewan kurban telah dilengkapi tenaga kerja yang cukup dan mekanisme untuk memantau operasional. (rol/adj)

Categories