Daging Sapi Langka Dan Mahal, Penjagaan Di Merak Diperketat

polisi-bersenjata-laras-panjang

Daging Sapi Langka Dan Mahal, Penjagaan Di Merak Diperketat

Mustanir.com – Aparat keamanan meningkatkan pengamanan di Pelabuhan Merak. Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kekhawatiran masuknya daging celeng atau babi dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa.

Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak mengambil langkah antisipasi dengan melakukan pemeriksaan kepada sujumlah kendaraan truk ekspedisi, dan armada bus di area dermaga 1 dan 2 Pelabuhan Merak Banten yang dicurigai mebawa daging ilegal.

Baca Juga: Importir Dan Pedagang Sapi Masih Membutuhkan Tambahan Impor Sapi

“Kegiatan ini dalam rangka antisipasi penyelundup daging celeng atau babi dari Sumatra ke Jawa. Mengingat adanya isu nasional yakni kelangkaan dan tingginya harga daging sapi,” kata Kepala KSKP Merak AKP Nana Supriatna kepada wartawan, Selasa (11/8).

Biasanya, lanjut pelaku modus pelaku dilakukan dengan cara menyimpan daging celeng di bawah barang-barang legal, seperti barang kebutuhan pokok atau buah-buahan yang pernah ditemukan oleh pihaknya pada bukan februari yang lalu.

Baca Juga: Menteri Kordinator Perekonomian Akan Lakukan Sensus Sapi Tahun Depan

“Biasanya modus yang digunakan menyamarkan pengangkutan barang barang yang legal, dengan peralatan mesin, dibawahnya daging celeng, tumpukan gergajian kayu,” jelasnya.

Hingga saat ini, pemeriksaan kendaraan yang akan masuk ke Pulau Jawa, belum ditemukan daging celeng atau bahan bahan launnya ke berbagai daerah di Pulau Jawa seperti di Jabodetabek. Namun akan terus dilakukan pemeriksaan secara rutin dengan waktu yang belum ditentukan.

“Setelah kita lakukan pemerikasaan, kita tidak mendapati truk maupun bus dengan muatan daging ataupun lainnya yang mencurigakan,” ungkapya. (rol/adj)


Komentar Mustanir.com

Sedikitnya stok persediaan sapi seolah menjadi tamparan bagi pemerintah Indonesia yang menggagas untuk swasembada sapi dalam beberapa tahun ke depan. Pengelolaan yang buruk dan regulasi yang money-based salah satu penyebab terjadinya kelangkaan stok daging sapi di pasaran dan menjadi mahalnya sapi. Hal ini tidaklah mengherankan di dalam sistem ekonomi dan politik kita yang hanya sebagai pemuas hasrat sebagian golongan yang rakus. Bukan tidak mungkin ketersediaan bahan pangan lain akan mengikuti kasus langkanya daging sapi ini. Masihkah percaya dengan sistem pemerintahan saat ini?

Categories