Jepang Adakan Program Kursus Pelatihan Halal untuk Chef

halal-chef

Jepang Adakan Program Kursus Pelatihan Halal untuk Chef

Jepang mengadakan program kursus pelatihan Halal Chef untuk menyambut wisatawan muslim.

Program ini dioptimalkan untuk melipatgandakan jumlah pengunjung pada tahun 2020 mendatang. Salah satunya adalah dengan menyediakan makanan halal.

Osaka-fu Nippon Choriginoushikai (Osaka prefecture Japan Chef technical Association), Japanese Cuisine for Future (JCF) dan Japan Halal Association membuat program ‘The Halal Chef’s training’. Program ini diluncurkan pada Senin (01/06/2015) seperti dilansir detik dari Halal Focus (29/05/2015).

Program pelatihan Halal Chef hadir karena munculnya permintaan akan restoran halal di Jepang. Menurut Hind Hitomi Remon selaku direktur Japan Halal Association, pertanyaan yang paling sering diajukan turis muslim adalah ‘dimana lokasi restoran halal?’.

Pelatihan dan pengajaran aturan Islam mengenai makanan pada chef dianggap bisa jadi langkah pertama menjawab pertanyaan tersebut.

Dalam pelatihan, chef diajarkan memilih bahan halal termasuk bumbu-bumbu. Begitu juga dengan pengetahuan Islam dasar, apa itu halal dan cara hidup muslim. Rencananya kursus pelatihan ini akan dimulai musim gugur tahun 2015.

Jepang memang semakin giat menarik jumlah wisatawan. Tidak hanya menghapus visa kunjungan dari beberapa negara Asia Tenggara. Negara ini juga mulai memperhatikan turis muslim yang kesulitan mencari tempat aman untuk mengonsumsi makanan halal.

Masakan Jepang sendiri menjadi bagian dari tujuan wisata. Sehingga orang Jepang berharap kulinernya diakui dunia dan wisatawan bisa menikmati citarasa asli Jepang saat berkunjung ke sana.

Komentar Mustanir.com

Tentu saja motif Jepang melakukan hal ini semata-mata motif ekonomi praktis. Sebuah motif jika disandarkan pada motif ekonomi praktis tidak bernilai ibadah. Namun jika disandarkan pada motif aqidah maka semuanya akan bernilai pahala di akhirat dan keberkahan di dunia.

Categories