Kendalikan Inflasi Saat Ramadhan, Gubernur Aher Libatkan Ulama

gubernur-aher

Kendalikan Inflasi Saat Ramadhan, Gubernur Aher Libatkan Ulama

Mustanir.com – Tokoh ulama di Jawa Barat akan dilibatkan dalam pengendalian inflasi di daerah itu yang biasanya meningkat saat memasuki Ramadhan. Para tokoh ulama diminta melakukan imbauan pada umat untuk tidak kalap konsumsi.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menginginkan tidak terjadi gejolak harga selama Ramadhan. Hal ini sangat penting agar umat Islam bisa beribadah dengan tenang.

“Saya tidak ingin ada gejolak harga, yakin pasti bisa,” ujar Heryawan yang akrab disapa Aher dalam silaturahmi ulama se-Jabar, Jumat petang (5/6).

Aher mengatakan, Ramadhan mesti menjadi momentum untuk mengendalikan diri dengan tidak melakukan belanja secara besar-besaran. Karena, dapat menimbulkan kenaikan harga.

Saat bulan suci, kata dia, seorang mukmin yang baik harusnya memastikan makanan yang masuk ke perut lebih sedikit dibandingkan di luar Ramadhan. Karena sejatinta Ramadhan adalah memperbesar infak dan memperkecil konsumsi.

“Makan yang tadinya 3 kali menjadi cuma 2 kali, tapi hawa nafsu makan memang luar biasa hebat,” katanya.
Menurut Aher, ulama memilikj tanggung jawab jika konsumsi masyarakat tetap berlebihan. Masyarakat, lebih mementingkan berlomba membeli barang dibandingkan itikaf di masjid.

Aher berharap, ulama memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa bulan Ramdhan merupakan bulan ketakwaan dan bukan bulan konsumsi.

“Bukan konsumsi yang ditingkatkan, tapi ibadah dan sedekah yang seharusnya lebih produktif,” katanya (rol/adj)

Categories