wiranto

wiranto

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto Minta Mahasiswa Cari Jalan Lebih Etis Ketimbang Demo

MUSTANIR.net – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta mahasiswa menempuh jalur yang menurutnya lebih terhormat dan etis ketimbang melakukan aksi demonstrasi di jalanan.

Demonstrasi mahasiswa hari ini, Senin (23/9/2019), merebak di sejumlah daerah Indonesia sebagai bentuk aksi protes terhadap rencana Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan sejumlah rancangan Undang-undang yang dianggap kontroversial.

Demonstrasi digelar serentak di Riau, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Makassar, hingga Papua.

Wiranto mengatakan para mahasiswa seharusnya mengirim perwakilan ke institusi-institusi yang mereka tuju dari aksi tersebut.

“Ada jalur lain yang bisa lebih terhormat bisa lebih etis ya kirim perwakilan bicara dengan institusi yang memang perlu mendengarkan aspirasi masyarakat,” kata Wiranto di Gedung Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Aksi demonstrasi untuk menyampaikan pendapat di muka umum menurut Wiranto memang diperbolehkan. Namun Wiranto menganggap aspirasi akan lebih didengar jika melewati proses dialog.

“Demo-demo seperti ini kan melelahkan, mengganggu ketentraman umum, mengganggu ketertiban dan juga hasilnya kurang bagus karena proses koordinasi, proses dialog itu gak terjadi,” kata dia.

“Lebih baik ada perwakilan menemui kementerian mana, lembaga mana yang kira-kira perlu mendengar aspirasi masyarakat ini lebih bagus ketimbang kita rame-rame di jalan,” lanjutnya.

Wiranto khawatir aksi demonstrasi ini berpotensi ditunggangi oleh pihak-pihak tertentu yang bisa berujung pada kerugian masyarakat.

“Nanti ditunggangi oleh pihak-pihak lain. Sebagai insan mahasiswa yang intelektualitas yang sangat tinggi, saya kira memahami masalah ini kita ajak supaya masuk ke proses yang sehat seperti itu,” kata Wiranto.[]

Sumber: CNN

Baca Juga:

Categories