Setiap Bulan Afghanistan Kehilangan 4000 Tentara

tentara-afghanistan

Setiap Bulan Afghanistan Kehilangan 4000 Tentara

Mustanir.com – Militer Amerika Serikat yang menempatkan diri sebagai pasukan internasional di Afghanistan melaporkan bahwa negara itu kehilangan sebanyak 4.000 anggota polisi dan militer setiap bulan. Mayoritas mereka membelot dan lainnya tewas dalam pertempuran serta serangan.

Dilansir dari Al-Jazeera, Kamis (06/08), Jenderal AS John Campbell menegaskan dalam acara diskusi pekan ini di Institut Brookings di Washington, AS, sebagian besar dari mereka disersi. Ini bisa ditangani dengan memperbaiki jam kerja anggota polisi dan militer,  jelas Campbell.

Akan tetapi, lanjutnya, masalah yang paling mengkhawatirkan para prajurit muda yang melarikan diri dari tugas tanpa diketahui. Ini yang harus menjadi masalah serius komandan mereka.

Menurut Campbell, banyak anggota pasukan bersenjata Afghanistan yang mangkir dari tugas atau membelot karena masa tugas mereka yang melebihi batas. Mereka ditugaskan dalam front selama dua sampai tiga tahun tanpa diberikan waktu libur, makanan yang layak dan waktu berlatih.

“Ini seperti terjadi di provinsi Helmand, Afghanistan selatan,” ujar Campbell.

Sebagaimana diketahui, tentara dan polisi Afghanistan yang berjumlah antara 300 sampai 350 ribu sejak awal 2015 harus sendirian menghadapi pejuang. Pasalnya, AS dan sekutunya menarik pasukannya setelah 10 tahun gagal menghadapi Taliban.

Kondisi itu semakin menambah jatuh mental tentara dan polisi. Terlebih, gaji dan pelayanan yang mereka dapat tidak sebanding dengan tugas yang mereka hadapi. (kiblatnet/adj)

Categories