Wakil MPU Aceh: Masyarakat Tidak Boleh Lagi Menolak Rohingya

MUSTANIR.net – Wakil Ketua I Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk. H Hasbi Albayuni meminta masyarakat Aceh untuk tidak menyebar isu hoaks tentang etnis Rohingya. “Kita meminta kepada masyarakat Aceh untuk tidak menyebarkan isu hoaks tentang muslim Rohingya,” kata Tgk. H Hasbi Albayuni, Banda Aceh, Senin (8/1/2024).

Pimpinan Dayah Thalibul Huda itu juga menyayangkan peristiwa penolakan pengungsi Rohingya yang dilakukan sejumlah masyarakat. Sementara Pemerintah Aceh telah berupaya untuk relokasi para pengungsi tersebut ke tempat yang lebih layak.

“Seharusnya masyarakat tidak boleh menolak, dan mendukung program pemerintah yang menyediakan tempat pengungsian bagi muslim Rohingya. Selain itu, ulama Aceh juga sudah menyeru untuk peduli pengungsi Rohingya” ucapnya.

Tambahnya, masyarakat juga diminta lebih cerdas dalam menilai berita yang berseliweran di sosial media. Supaya tidak termakan isu yang mengundang kebencian terhadap pengungsi Rohingya, mengingat Aceh juga pernah menjadi korban konflik masa lalu. “Mengingat kita sendiri orang Aceh saat konflik dulu juga terkatung-katung. Kita juga lari ke negara lain dan mereka menampung,” ungkap Tgk. Hasbi.

Tgk. H Hasbi yang pada saat itu datang memberikan paket bantuan kepada pengungsi Rohingya juga menilai lokasi penampungan sementara di bawah Gedung Meuseuraya Aceh (GMA) tidak layak. Ia berharap Pemerintah Aceh untuk segera relokasi penempatan para pengungsi Rohingya ke tempat yang lebih layak dan lebih manusiawi. []

Sumber: Mardili

About Author

Categories