15 Tanggapan Pemimpin Dunia atas Kemenangan Donald Trump

15 Tanggapan Pemimpin Dunia atas Kemenangan Donald Trump

Mustanir.com – Para pemimpin dunia bereaksi terhadap kemenangan kandidat calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump atas Hillary Clinton dalam pemilihan orang nomor satu di Negeri Paman Sam.

Dilansir dari BBC pada Rabu (9/11), berikut sejumlah ucapan yang dialamatkan pada Trump.

Turki
Presiden Recep Tayyip Erdogan mengharap, kemenangan Trump berdampak positif untuk Timur Tengah.

“Saya berharap pilihan rakyat Amerika akan menyebabkan langkah-langkah yang bermanfaat yang diambil untuk dunia tentang hak-hak dasar dan kebebasan, demokrasi dan perkembangan di wilayah kami,” katanya.

Wilayah Palestina
Presiden Mahmoud Abbas mengucapkan selamat atas kemenangan Donald Trump. Ia berharap perdamaian akan selalu ada selama masa jabatannya.

United Kingdom
Perdana Menteri Theresa Mei mengucapkan selamat pada Donald Trump atas kemenangannya. Ia juga menekankan pada ‘hubungan khusus’ antara kedua negara.

Mei mengatakan harapannya atas kemenangan Trump ihwal keberlanjutan nilai-nilai kerja sama, termasuk ‘kebebasan, demokrasi dan perusahaan’. “Kami, akan tetap, mitra yang kuat dan dekat pada perdagangan, keamanan dan pertahanan,” ujar dia.

Mei juga berharap, kerja sama dengan presiden baru AS dapat memastikan adanya keamanan dan kemakmuran bangsa di tahun-tahun mendatang.

Prancis
Presiden Francois Hollande menilai, kemenangan Donald Trump membuka ‘masa ketidakpastian’. Ia mengatakan, saat ini ada kebutuhan yang lebih besar untuk Eropa bersatu. Agar dapat menggunakan pengaruhnya di panggung internasional. Serta, mempromosikan nilai-nilai dan kepentingan setiap kali ‘ditantang’.

Jerman
Kanselir Angela Merkel mengatakan, AS merupakan negara tertua yang menerapkan sistem demokrasi. “Saya menyaksikan hasil pemilu dengan ketegangan. Seseorang dipilih menjadi presiden oleh rakyat Amerika dalam pemilu yang bebas dan adil,” jelasnya.

Ia menyebut, selain dengan Uni Eropa, Amerika Serikat menjadi negara yang mempunyai hubungan paling baik dengan Jerman.

India
Perdana Menteri Narendra Modi berkicau di jejering sosialnya, “Kami berharap untuk kerja sama lebih erat untuk membawa hubungan bilateral India-AS ke jenjang yang baru,” katanya.

Jepang
Perdana Menteri Shinzo Abe berjanji melanjutkan hubungan dekat antara AS dan Jepang. “Jepang dan Amerika Serikat adalah sekutu tak tergoyahkan dihubungkan dengan nilai-nilai umum seperti kebebasan, demokrasi, hak asasi manusia dan supremasi hukum,” jelasnya.

Israel
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan berharap adanya “hubungan lebih baik” di bawah kepemimpinan Trump. Ia menggambarkan AS sebagai teman sejari Israel.
“Saya berharap untuk bekerja dengan dia untuk memajukan keamanan, stabilitas dan perdamaian di wilayah kami,” katanya.

Sebelumnya Menteri Pendidikan Israel menyatakan, kemenangan Trump memupuskan cita-cita pengakuan kedaulatan Palestina.

“Kemenangan Trump adalah kesempatan bagi Israel untuk segera menarik kembali gagasan sebuah negara Palestina yang akan merugikan keamanan kita,” katanya.

Liberia
Presiden Ellen Johnson Sirleaf mengatakan, pihaknya ‘sangat sedih dengan kemenangan Donald trump. “Kekhawatiran kami adalah apakah Presiden terpilih Trump akan memiliki agenda Afrika dan membangun jembatan,” katanya.

Afganistan
Presiden Ashraf Ghani mengatakan, negaranya dan Amerika Serikat (AS) merupakan mitra strategis dalam memerangi terorisme dan pembangunan.

“Pemerintah Afghanistan berharap, kerjasama dengan baru presiden terpilih akan lebih memperdalam hubungan antara kedua negara,” kata dia.

Sementara, Ketua Eksekutif, Abdullah Abdullah menuturkan, memerangi ekstremisme dan membawa perdamaian serta stabilitas merupakan prioritas utama dari Afganistan dan AS. Ia meyakini, hubungan baik kedua negera mampu menguatkan sektor ekonomi, militer, sosial dan budaya.

Kanada
Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan, negaranya tidak memiliki teman sebagai mitra dan sekutu, seperti Amerika Serikat.

“Kami berharap dapat bekerja sangat erat dengan presiden terpilih Trump, administrasi, dan dengan Kongres Amerika Serikat di tahun-tahun mendatang. Termasuk isu-isu seperti perdagangan, investasi, dan perdamaian internasional dan keamanan,” kata Trudeau.

Meksiko
Presiden Enrique Pena Nieto tidak mengucapkan selamat kepada Donald Trump atas kemenangannya. Ia hanya mengucapkan selamat kepada AS atas terselenggaranya pesta demokrasi di Negeri Paman Sam itu. Ia berharap, kandidat terpilih dapat membawa AS menjadi negara yang lebih kuat. (rol/adj)

Categories