7 Partai Berkoalisi Dalam Pilkada DKI

7 Partai Berkoalisi Dalam Pilkada DKI

Mustanir.com – Tujuh partai politik membuat “Koalisi Kekeluargaan” dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Tujuh partai politik itu yakni PDI-P, Gerindra, PKS, PPP, Demokrat, PKB, dan PAN.

Keputusan terkait koalisi kekeluargaan dibentuk setelah dilakukan pertemuan tujuh pimpinan partai tingkat Jakarta di Restoran Bunga Rampai, Cikini, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2016).

“Hari ini pertemuan yaitu koalisi keluarga. Nama koalisi kami adalah koalisi kekeluargaan dari tujuh partai,” kata Ketua DPW PAN, Eko Patrio, Jakarta, Senin.

Koalisi Kekeluargaan dibentuk dari satu persepsi antara tujuh partai politik tersebut. Kesamaan persepsi di antara ketujuhnya terkait kriteria pemimpin Jakarta dan keberlangsungan Ibu Kota pada masa mendatang.

“Musyawarah tadi penuh keakraban dan suasana kekeluargaan hingga sampai titik temu membentuk koalisi kekeluargaan,” kata Pelaksana Tugas Ketua DPD PDI-P DKI Jakarta, Bambang DH.

Koalisi Kekeluargaan

“Koalisi Kekeluargaan” sepakat untuk mencari pemimpin Jakarta lebih baik daripada petahana, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pemimpin itu pun harus memiliki tujuh kriteria.

Pelaksana tugas Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengungkapkan tujuh kriteria itu yakni arif, bijaksana, beradab, santun, beretika, bersih dan cerdas. Namun, dalam pembahasan tadi, tak disebutkan siapa figur yang cocok dengan kriteria tersebut.

“Tidak bicara orang per orang tapi berhasil formulasikan kriteria, seperti apa pemimpin Jakarta yang akan diperjuangkan untuk dipilih warga Jakarta,” kata Bambang di Restoran Bunga Rampai, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Bambang menambahkan, tujuh kriteria itu diharapkan dapat menjadikan Jakarta lebih baik. Pasalnya Jakarta tak akan lagi gaduh dan Ibu Kota bisa ditempati dengan suasana kondusif.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Jakarta, Mohamad Taufik mengungkapkan tujuh kriteria itu merupakan masing-masing usulan dari tujuh partai politik dalam Koalisi Kekeluargaan.

“Kriteria ini hasil jahitan ini dan ini. Saya kira pertemuan tujuh partai ini adalah anugerah dan tak mudah. Ini pasti atas izin yang maha kuasa,” tegas Taufik. (Baca: PDI-P, Gerindra, PKB, Demokrat, PKS, PPP, dan PAN Sepakat Berkoalisi dalam Pilkada DKI)

Sebelumnya, tuujuh partai politik membuat Koalisi Kekeluargaan dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Tujuh partai politik itu yakni PDI-P, Gerindra, PKS, PPP, Demokrat, PKB dan PAN. (kompas/adj)

Mustanir.com

Meskipun koalisi tersebut disebut dengan koalisi kekeluargaan, tetap saja politik dalam sistem demokrasi motifnya adalah hawa nafsu akan tahta dan jabatan. Karena jabatan, tidak jarang mereka yang memiliki ikatan kekeluargaan secara biologis bisa saling melukai hingga saling membunuh. Di Pilkada DKI ini koalisi kekeluargaan tentunya hanya dimanfaatkan untuk berbagi jabatan nantinya.

Sekali lagi, setiap manuver politik dalam sistem demokrasi, bukanlah untuk rakyat, tetapi untuk mereka yang berada dibawah naungan partai tersebut. Lagi-lagi nantinya nasib rakyat akan terbengkalai. Jadi, masihkah kita percaya pada partai politik sebagai wadah aspirasi politik rakyat Indonesia, terlebih umat Islam?

Semoga Allah senantiasa melindungi kita dari setiap niat jahat para Penguasa. Hasbunallah wa ni’mal wakil, ni’mal maula wa ni’man nashir.

Categories