Akhirnya Terungkap Motif Militer Rusia datang ke Suriah

militer-suriah

Akhirnya Terungkap Motif Militer Rusia datang ke Suriah

Mustanir.com – Ternyata Rusia memiliki misi ke suriah dalam rangka memasok senjata untuk militer Suriah. Inilah kemungkinan besar Rusia ingin ikut campur dalam pertempuran di Suriah. Militer Suriah mulai menggunakan persenjataan udara dan darat jenis baru yang dipasok dari Rusia, kata sumber militer Suriah kepada Reuters pada Kamis (17/9).

“Senjata itu sangat berguna dan cermat, bisa menembak sasaran dengan tepat. Itu berlaku baik untuk senjata udara maupun darat,” kata sumber tersebut saat ditanya mengenai dukungan Rusia itu.

Sumber tersebut menjelaskan tentara Suriah telah dilatih menggunakan senjata baru itu dalam beberapa bulan belakangan dan mulai menggunakannya.

Pada Kamis, Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moualem memastikan Rusia memasok senjata dan melatih tentara Suriah tentang penggunaannya. Dia juga mengungkapkan, pemerintahannya tidak akan segan meminta Rusia menempatkan pasukannya di darat jika diperlukan.

Rusia pada saat bersamaan menyebutkan dukungan militer untuk Damaskus ditujukan untuk menumpas terorisme, menjaga keutuhan wilayah Suriah, dan mencegah bencana total di kawasan Timur Tengah.

Dukungan itu bisa berbentuk kehadiran militer Rusia yang lebih besar di medan tempur Suriah meski hingga saat ini belum diketahui besarannya. (rol/adj)

Categories