Amerika Terapkan Kebijakan Visa Baru untuk Cegah Teroris

visa-amerika

Amerika Terapkan Kebijakan Visa Baru untuk Cegah Teroris

Mustanir.com – Pemerintah Amerika Serikat menerapkan amandemen baru dalam Program Pelepasan Visa/ Visa Waiver Program (VWP) bagi turis asing yang hendak menuju AS. Gunanya untuk menyaring orang-orang yang bertolak dari Iran, Irak, Suriah dan Sudan, dengan cara mewajibkan mereka mendapatkan visa untuk masuk ke Amerika.

Sebagaiman dilansir  Arabi21 pada Ahad (24/01), Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa perubahan Program Pelepasan Visa bertujuan untuk mencegah masuknya teroris. Perubahan prosedur ini sudah berlangsung semenjak hari Kamis, 21 Januari 2015.

Jika sebelumnya, warga dari negara-negara tertentu memungkinkan untuk melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk pariwisata dan bisnis hingga 90 hari tanpa harus memperoleh visa. Maka amademen baru ini menetapkan bahwa setiap orang yang pernah berkunjung ke Iran,Irak, Suriah, dan Sudan dalam lima tahun terakhir harus mendapatkan visa.

Dalam hal ini Departemen Luar Negeri AS menjelaskan, “setiap orang yang mengunakan VWP, lalu mengunjungi salah satu negara yang telah disebutkan setelah awal Maret 2011. Maka harus mengajukan permohonan visa non-imigran. Amandemen ini  mengantikan program sebelumnya yang membebaskan para wisatawan dari negara tertentu yang berkunjung ke AS tanpa harus mendapatkan visa”.

Kemenlu juga menambahkan,” warga negara dan orang yang dicurigai berkewarganegaraan Irak, Iran, Suriah dan Sudan juga diwajibkan mengajukan surat permohonan visa”.

WVP yang diterapkan AS, mampu menarik 20 juta touris asing dari 38 negara setiap tahunnya. Program ini berlaku disebagian besar negara Eropa seperti, Australia, Austria, Belgia, Perancis, Denmark, Jerman, Inggris, Italia dan negara besar Eropa lainnya. (kiblat/adj)

Komentar Mustanir.com

Kebijakan baru Amerika ini tentunya akan semakin membuat Islamophobia terus berlanjut. Dan karena Amerika adalah negara trend-setter, maka pastinya negara-negara Barat yang lainnya akan megikuti kebijakan pembatasan visa oleh Amerika ini.

Semua dilakukan oleh negara-negara Barat dalam rangka mengelola Islamophobia. Lebih lanjut tujuan utamanya adalah agar Islam dan kaum muslimin tidak bisa bangkit kembali. Namun, seberapa hebat makar orang kafir tetap saja Allah ta’ala adalah Maha Hebat dalam pembuat makar.

Categories