DPR Minta BNPT Buat Rumusan yang Jelas tentang Terorisme

DPR Minta BNPT Buat Rumusan yang Jelas tentang Terorisme

Mustanir.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) untuk membentuk satuan tugas (Satgas) dan crisis center lintas kementerian. Selain itu, lembaga negara itu juga diminta membuat rumusan yang jelas tentang terorisme.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa, Satgas dan crisis center tersebut dibentuk sebagai upaya menciptakan koordinasi. Selain itu juga menjadi bagian kehati-hatian dalam penanggulangan terorisme di Indonesia.

“Komisi III DPR mendorong BNPT ‎membuat rumusan yang jelas tentang teror, teroris dan terorisme,” kata Desmond saat rapat dengan BNPT, Kamis (15/09) di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Selain itu BNPT juga diminta untuk menyusun road map atau peta jalan dalam program pembinaan terhadap narapidana terorisme, mantan teroris, keluarga, dan jaringannya. Termasuk juga membuat standar operasional prosedur (SOP) terkait hal itu.

Desmond menambahkan bahwa dalam menyusun itu semua harus melibatkan pendekatan keilmuan dan keagamaan masyarakat. Sementara, pihak lembaga pemasyarakatan (Lapas) juga diharapkan terlibat di dalamnya. Dengan pengamatan, pembinaan dan pengawasan secara langsung, upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme harus selalu berada dalam bingkai HAM. (kiblatnet/adj)

Komentar Mustanir.com

BNPT sampai saat ini belum memiliki rumusan yang jelas tentang Teroris dan Terorisme. Selama ini, yang ditangkap, dibunuh dan diduga terorisme adalah umat Islam yang meminta keadilan. Radikalisme di tengah umat Islam, jelas lahir dari ketidak-adilan demokrasi kepada Islam dan umat Islam. BNPT memang sepertinya sengaja diciptakan untuk memberangus orang-orang Islam yang meminta keadilan terhadap demokrasi. Demokrasi-lah biang dari lahirnya radikalisme dan aksi terorisme di negeri ini.

Categories