Indonesia dan Arab Saudi rayakan Idul Adha berbarengan

selamat-idul-adha

Indonesia dan Arab Saudi rayakan Idul Adha berbarengan

Mustanir.com – Arab Saudi mengumumkan bahwa Idul Adha 1436 hijriah jatuh pada Kamis (24/9) waktu setempat. Dikutip dari laman Al Arabiya, Senin (14/9), pengumuman tersebut dibuat setelah pejabat berwenang Arab Saudi yang mengamati bulan Dzulhijjah telah melihat penampakan tubuh bulan. Setelah bulan dapat terlihat, maka diputuskanlah waktu masuknya bulan Dzulhijjah yang juga merupakan bulan ke-12 dalam kalender Islam.

Idul Adha merupakan simbol menghormati kesediaan dan ikhlasnya Nabi Ibrahim untuk mengorbankan anaknya, Ismail, untuk disembelih. Namun Allah SWT menggantinya dengan kambing.

Hari Raya Idul Adha dirayakan umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah sesudah para jamaah haji wukuf di Padang Arafah dan melaksanakan rangkaian prosesi ibadah hajinya.

Alhamdulillahilladzy bi ni’matihi tathimmu ash sholihat. Alhamdulillah pemerintah Kerajaanb Arab Saudi Arabia telah mengumumkan dan menetapkan bahwa Senin 12 Setember 2015 M masih pada tanggal 30 Dzulqo’dah, sebagai penyempurna bulan. Sedangkan 1 dzulhijjah, Hari / Wukuf Arofah dan hari Iedul Adha adalah sebagai berikut :

1. Tanggal 1 Dzulhijjah 1436 H jatuh pada hari Selasa bertepatan dengan tanggal 15 September 2015 M.

2. Hari / Wukuf Arofah ( 9 Dzulhijjah 1436 H ) bertepatan dengan hari Rabu tanggal 23 September 2015 M.

3. Begitu pula hari raya ‘Iedul adha (10 Dzulhijjah 1436 H) bertepatan dengan hari Kamis 24 September 2015 M

Idul Adha Indonesia

Sidang isbat yang digelar Kementerian Agama pada Minggu (13/9/2014) malam menetapkan bahwa awal Dzulhijah 1436 Hijriah pada Selasa (15/9) lusa. Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Machasin saat jumpa pers di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

“Tidak ada satu pun yang bilang hilal bisa dilihat, dari Papua hingga Aceh. Tahun ini kita menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada Selasa,15 September 2015,” ujar Machasin di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Minggu malam.

Dengan demikian, pemerintah memutuskan bahwa 10 Dzulhijjah 1436 H atau Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis (24/9).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tidak hadir dalam konferensi pers tersebut. Menurut Machasin, Lukman sedang berada di Arab Saudi memantau korban jatuhnya crane di Masjidil Haram.

Selain pemerintah, Muhammadiyah telah memutuskan 1 Dzulhijjah 1436 H jatuh pada Senin (14/9/2015) karena hilal telah nampak berada di atas garis horizon. Pemerintah belum dapat menentukan adanya pergantian bulan jika posisi hilal belum berada di atas 2 derajat. (rol/adj)

Categories