Indonesia Makin Hari Makin Miskin

indonesia-miskin

Indonesia Makin Hari Makin Miskin

Mustanir.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyebut negara Indonesia makin hari semakin miskin. Pasalnya masih banyak rakyatnya yang tidak memiliki asuransi kesehatan di tengah ekonomi yang semakin sulit.

“Kita sebenernya makin miskin bangsa kita,” kata Ahok saat memberikan sambutan saat pembukaan Musyawarah Daerah Dharma Wanita DKI Jakarta di Kantor Dinas Pelayanan Pajak, Jakarta Pusat, Selasa (8/9).

Ahok menilai asuransi saat ini menjadi hal penting bagi masyarakat. Ia menyebut masyarakat Indonesia justru saat sakit menghabiskan banyak uang untuk biaya pengobatan. Ketika ada keluarga yang meninggal ini berlanjut dengan hutang yang ditinggalkan untuk berobat. Hal ini disebabkan karena tidak memiliki asuransi kesehatan.

Ahok menyebut kondisi seperti ini berbeda dengan masyarakat di luar negeri. Masyarakat luar lebih disiplin dengan memanfaatkan asuransi sebagai jaminan kehidupan. Jadi, saat sakit mereka tidak lagi dipusingkan dengan biaya mahal. Bahkan jika meninggal keluarga yang ditinggalkan justru mendapatkan dana kematian.

Asuransi kesehatan dinilainya sangat diperlukan. Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang semakin sulit. Ia tidak menginginkan ada orang miskin yang harus lebih kekurangan akibat sakit.

Karena itu, Ahok mendorong warga agar mendaftarakan diri dalam asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Sebab negara akan menjamin semua biaya pengobatan dengan iuran yang dibayar perbulan.

Dalam kegiatan tersebut Ahok juga menyatakan harapannya agar para Dharma Wanita dapat mendorong warga sekitarnya memiliki BPJS. Ia juga menginginkan para istri PNS tersebut menjadi pemerhati. Jika ada warga yang sakit bisa diperhatikan untuk dibawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Ahok juga meminta agar masyarakat Jakarta bisa lebih peka jika ada warganya yang masih belum memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk sekolah. Ini dilakukan agar kesejahteraan semua golongan lebih merata. (rol/adj)

Categories