Ini Daftar Lengkap Reshuffle Kabinet Kerja Jilid II

Ini Daftar Lengkap Reshuffle Kabinet Kerja Jilid II

Mustanir.com – Reshuffle jilid II diumumkan Presiden Jokowi. Ada sejumlah menteri yang diganti dan ada juga yang geser posisi.

Jokowi mengumumkan 12 nama menteri dan Kepala BKPM yang diganti di teras belakang Istana Merdeka yang menghadap ke gedung Istana Negara, Rabu (27/7/2016). Dia didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Seskab Pramono Anung.

“Saya berusaha maksimal agar Kabinet Kerja bisa bekerja lebih cepat, dalam tim yang solid dan saling mendukung,” jelas Jokowi.

Berikut daftar lengkap reshuffle menteri:

1. Menko Kemaritiman: Luhut Binsar Panjaitan
2. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas: Bambang Brodjonegoro
3. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN: Sofyan Djalil
4. Kepala BKPM: Thomas Trikasih Lembong
5. Menko Polhukam: Wiranto
6. Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati
7. Menteri Desa dan PDTT: Eko Putro Sandjojo
8. Menteri Perhubungan: Budi Karya Sumadi
9. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: Muhadjir Effendy
10. Menteri Perdagangan: Enggartiasto Lukita
11. Menteri Perindustrian: Airlangga Hartarto
12. Menteri ESDM: Arcandra Tahar
13. Men PANRB: Asman Abnur

Komentar Mustanir.com

Nama-nama yang diusung menempati posisi strategis ekonomis di dalam kementerian adalah nama-nama yang memiliki rekam jejak sebagai tokoh ekonomi neo-Liberal. Sebut saja Sri Mulyani dan Tom Lembong. Sudah dapat ditebak arah kebijakan ekonomi negeri ini ke depannya, akan sangat Liberal. Yakni mengurangi partisipasi negara dalam anggaran sosial masyarakat dan kesehatan.

Akan sangat wajar jika nanti proyek kemaslahatan publik akan diserahkan ke pihak swasta sebagaimana BPJS yang sudah berjalan sekarang ini. Bukankah kita merasakan kepahitan dari BPJS ini? Dan beberapa waktu lagi akan ada tambahan kepahitan lainnya akibat dari kebijakan negara. Semoga Allah Ta’ala memberikan kesabaran dan kekuatan untuk melawan.

Categories