Lagi Militer Suriah tidak Patuh dan Lakukan Serangan dalam Gencatan Senjata

tank-tentara

Lagi Militer Suriah tidak Patuh dan Lakukan Serangan dalam Gencatan Senjata

Mustanir.com – Militer Suriah bersama milisi-milisi pendukungnya, Rabu (09/03), menyerbu sejumlah daerah di dekat perbatasan Suriah-Yordania. Ini merupakan serangan darat yang diluncurkan militer Suriah di tengah gencatan senjata sejak sepekan lalu.

Wartawan Al-Jazeera di Provinsi Daraa melaporkan bahwa pejuang oposisi menghadang serangan militer Suriah di daerah Halq Ar-Rami yang terletak dekat dengan perbatasan Suriah-Yordania. Pergerakan militer Suriah itu dari kota Al-Yadudah dan Kharab Asy-Shukmah.

Menurut para komandan pejuang, serangan ini bertujuan merebut sejumlah daerah di dekat berbatasan Yordania. Rezim ingin memutus jalur logistik oposisi antara pedesaan Daraa Barat dan Timur.

Perlu diketahui, ini merupakan serangan darat pertama yang diluncurkan rezim sejak berlakukan gencatan senjata selama dua pekan di Suriah. Sebelumnya, militer Suriah dan Rusia melakukan pelanggaran gencatan melalui serangan udara.

Pejuang Suriah mengontrol penuh perlintasan perbatasan yang menghubungkan Suriah-Yordania pada April tahun lalu. Kemengangan itu diraih setelah mujahidin meluncurkan operasi bersama yang memecah pertahanan militer Suriah.

Militer Suriah mengosongkan pos-pos militer di wilayah tersebut. Mereka melarikan diri setelah tidak mampu menahan serangan sengit mujahidin.

Menurut aktivis, faksi-faksi mujahidin yang terlibat dalam operasi perebutan daerah strategis itu di bawah payung Pasukan Pembebasan Suriah (FSA). Pejuang dari Liwa Yarmuk yang mendominasi pertempuran itu.

Di sisi lain, mujahidin Jabhah Nusrah menegaskan ikut andil dalam pertempuran itu. Cabang Al-Qaidah itu merilis video yang melihatkan bahwa pejuangnya berhasil merebut sejumlah daerah di perbatasan negara tersebut. (kiblat/adj)

Categories