Muslim di Kanada Berlebaran di Gereja Katolik

Muslim di Kanada Berlebaran di Gereja Katolik

Mustanir.com – Sejumlah umat Muslim yang ada di StFX University, Antigonish Kanada melaksanakan shalat Idul Adha di sebuah gereja Katolik. Gereja tersebut  berada di lingkungan kampus.

Seorang warga negara Indonesia yang sedang menjalani studi di Kampus StFX University, Anwar Razak mengatakan ada sekitar 50 jamaah yang melaksanakan shalat Idul Adha di dalam gereja tersebut. Mereka berasal dari Timur Tengah, Asia dan Afrika yang hadir pada perayaan hari besar Islam ini, Senin (12/9) lalu.

“Rata-rata mereka adalah mahasiswa dan dosen yang ada di universitas ini. Sebagian lagi adalah pengungsi Syiria yang tinggal di kota kecil itu,” ujar Anwar kepada Republika.co.id.

Kordinator Divisi Advokasi Kinerja Keuangan Daerah Kopel Indonesia ini mengaku pertama kalinya dia melaksanakan shalat di dalam gereja. Dia mengataka pihak universitas memang menyediakan tempat ini khusus untuk ibadah umat Islam saat lebaran dan hari Jumat.

Menurut Anwar, gereja Katolik tersebut masih aktif digunakan. Namun pada saat Jumat tiba, gereja tersebut tidak digunakan. Sehingga ruangan gereja itu bisa dimanfaatkan warga Muslim di sana untuk melaksanakan shalat Jumat.

Anwar menceritakan, menurut penuturan beberapa orang warga di Antigonish, mereka menghormati warga dan pendatang meskipun berbeda agama. Mereka sudah melakukan ritual keagamaan tanpa saling menganggu karena warga sangat paham dengan perbedaan dan pentingnya perdamaian dan penghargaan. (rol/adj)

Komentar Mustanir.com

Kaum muslimin di Kanada yang minoritas tentunya membutuhkan bantuan kaum muslimin yang lain untuk memiliki tempat beribadah. Dengan persatuan kaum muslimin seluruh dunia, persoalan di Kanada ini hanyalah persoalan kecil yang dengan mudah di selesaikan.

Categories