PBB Tak Berfungsi Soal Serangan Rusia di Suriah

serangan-rusia

PBB Tak Berfungsi Soal Serangan Rusia di Suriah

Mustanir.com – Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) DKI Jakarta Fahmi Salim, M.A menilai Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak berperan aktif dalam menangani konflik yang terjadi di Suriah.

“Padahal seharusnya PBB berperan aktif dalam menangani konflik di Suriah,” tegas Fahmi saat ditemui di Kantor MUI Pusat Jalan Proklamsi Jakarta, Jum’at (09/10/2015).

Menurut Fahmi PBB hanya mengurusi masalah pengungsi, padahal justru peran yang sangat dibutuhkan sekarang adalah menahan dan melarang negara-negara yang tidak berkepentingan ikut campur dalam menangani konflik di Suriah.

“Itu yang seharusnya dilakukan PBB dengan kekuatan yang dimilikinya,” tegas Fahmi.

Fahmi menilai mandulnya peran PBB dalam menangani konflik yang terjadi di Suriah sebagai bukti kelemahan dan ketidakmampuan PBB untuk mengontrol anggotanya, terutama bagi negara yang memiliki hak veto.

“Saya kira umat Islam harus bersatu menyatakan sikap yang kompak yaitu menolak dan mengutuk serangan Rusia di wilayah-wilayah pejuang Suriah. Di mana seluruh ulama dunia bersepakat menyatakan perjuangan bagi Suriah untuk meraih kemerdekaan,“ kata Sekretaris Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini.

Sementara itu, saat ditanya bagaimana sikap MUI terhadap agresi bersenjata yang dilakukan Rusia kepada Suriah, Fahmi menuturkan, bahwa secara kelembagaan MUI Pusat belum mengeluarkan pernyataan sikap resmi terhadap penyerangan Rusia kepada Suriah.

“Tapi, secara individu-individu sudah banyak tokoh MUI yang dengan tegas menyatakan penolakannya terhadap sikap Rusia beserta sekutu-sekutunya yang menyerang Suriah. Itu sudah jelas, tokoh-tokoh MUI telah menolak dan mengutuk tindakan Rusia dan sekutunya,” demikian tandasnya. (hidayatullah/adj)

Categories