Penyimpangan di dalam Rumah dan Pergaulan Suami Isteri

Penyimpangan di dalam Rumah dan Pergaulan Suami Isteri

1. Menggunakan tempat makan dan minum dari emas. Mengenai hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Janganlah kalian minum di dalam bejana emas dan perak. Dan jangan pula kalian makan di dalam piring keduanya. Karena sesungguhnya keduanya bagi mereka (orang kafir) di dunia dan bagi kalian di akherat.”(Mutafaqal ‘alaih)

2. Memasang poster dan patung di tembok-tembok atau rak-rak

3. Anti poligami dan memeranginya. Padahal Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, artinya, “Dan tidakkah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak (pula) bagi perempuan yang mu’min, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.”(QS. al-Ahzab: 36)

4. Tidak patuh kepada suami, berkata kasar di hadapannya. Ia ingkari kebaikan suami dan suka mengeluh baik ada sebab maupun tidak. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Seandainya aku boleh memerintahkan seseorang untuk bersujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan wanita untuk bersujud kepada suaminya.” (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad).

5. Membatasi jumlah kelahiran dan keturunan tanpa adanya alasan yang dibenarkan agama.

6. Anggapan bahwasanya mereka tidak bertanggung jawab di hadapan AllahSubhanahu waTa’ala atas kepemimpinannya di dalam rumahnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Dan seorang wanita (isteri) adalah pemimpin di dalam rumah tangga suaminya, maka dia akan diminta pertanggung jawabannya.” (Mutafaq ‘alaih)

7. Tidak mendidik anak secara Islami yang bersih dari penyimpangan, malah yang dilakukan adalah merayakan hari ulang tahun, memberi pakaian yang bergambar atau ada salibnya, mengajari musik dan lain-lain. Dilain sisi, sang ibu tidak menganjurkan anak untuk shalat jama’ah di masjid, menghafal al-Qur’an dan memotivasi anak agar bercita-cita tinggi untuk menjadi pembela Islam.

8. Tidak perhatian terhadap urusan rumah tangga, juga mengabaikan hak-hak suami, seperti memikat hati suami, berhias dan memberikan kemesraan dan kasih sayang kepadanya.

9. Menuntut suami agar menceraikannya tanpa ada suatu sebab. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapapun wanita yang meminta suaminya agar menceraikannya tanpa adanya sebab yang dibenarkan, maka haram baginya mencium bau surga.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

10. Membebani suami agar membelikan harta benda diluar kemampuannya.

11. Menyebarluaskan hal-hal seputar suami isteri, terlebih lagi hal yang berhubungan dengan pergaulan suami isteri.

12. Puasa sunnah tidak seijin suami. Ini adalah dilarang sebagaimana dalam hadits riwayat al-Bukhari.

Categories