Rusia Mulai Kurangi Penyebaran Militernya di Suriah

Rusia Mulai Kurangi Penyebaran Militernya di Suriah

Mustanir.com – Militer Rusia mengatakan telah mulai skala penyebaran militernya di Suriah. Sebagai langkah pertama, Rusia melakukan pemulangan kapal induk utamanya keluar dari zona konflik.

“Sesuai dengan keputusan panglima tertinggi angkatan bersenjata Rusia, Vladimir Putin, Kementerian Pertahanan Rusia mulai pengurangan penyebaran bersenjata ke Suriah,” kata kantor berita Rusia mengutip kepala militer Valery Gerasimov pada hari Jumat (6/1).

Gerasimov mengatakan kelompok angkatan laut yang dipimpin oleh kapal induk tunggal Moskow – Admiral Kuznetsov – akan menjadi yang pertama untuk meninggalkan daerah itu.

Meskipun demikian, tidak ada jaminan Putin benar-benar mengurangi kehadirannya di Suriah. Sebelumnya, Putin telah mengumumkan penarikan sebagian pasukan Rusia pada Maret 2016, namun Moskow kemudian meningkatkan kehadiran militernya lagi di Suriah.

Seperti diketahui, Rusia memulai intervensinya di Suriah dan lepas pantai di Laut Mediterania pada bulan September 2015. Misinya adalah mendukung pasukan Basyar Assad menargetkan Aleppo kota kedua negara itu dan lokasi lainnya. (kiblatnet/adj)

Categories