Santri Tak Punya Adab

AhnYIv32yMfS9MRdZWBJfKFwHf5XViBvf_vBFXLQHcHC

Santri Tak Punya Adab

Oleh: Ustadz Choirul Anam

Mustanir.com – Seorang santri yang menggambari wajah syeikhnya, termasuk mencoret-coret fotonya atau mengedit foto syeikhnya agar sesuai dengan seleranya, jika itu dilakukan santri, maka ia adalah santri yang tak punya adab kepada gurunya. Ini merupakan musibah besar dalam ilmu.
Syeikh Hasyim dalam kitabnya Adabul Alimi Wal Muta’alimi menjelaskan bahwa Ibnul Mubarok berkata: kita lebih membutuhkan adab meski sedikit, daripada ilmu yang banyak (tapi tak punya adab).

Sebagian ulama mengatakan sebagaimana dikutip oleh Syeikh Hasyim: tauhid mewajibkan adanya iman. Siapa orangnya yang tak punya iman, maka tak ada tauhid pada dirinya. Iman mewajibkan syariah. Siapa orangnya yang tak melaksanakan syariah, maka ia tak punya iman dan memiliki tauhid. Syariah mewajibkan adab. Siapa orangnya tak memiliki adab, maka tak ada syariah, iman, dan tauhid baginya.
Jadi, jika yang mengedit foto itu adalah santri, maka itu merupakan santri yang kurang ajar, su’ul adab, dan tak akan manfaat ilmunya.

Jika itu tidak dilakukan santri, maka para santri harus marah besar, karena syeikhnya dihina, diodel-odel, dicabik-cabik. Para santri harus merasa terhina karena gurunya dilecehkan.
Sungguh insiden di hari santri ini seperti kita dikasih uang seribu rupiah, tapi kita dirampok seratus juta rupiah. Akankah kita merasa bangga dengan kehinaan ini?

Categories