Trump Janji Pindahkan Keduataan Besar AS-Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem

warga-palestina-memprotes-pemukiman-israel-_130115095323-892

Trump Janji Pindahkan Keduataan Besar AS-Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem

MUSTANIR.COM, WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mendesak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu untuk ‘menunda’ membangun permukiman Yahudi di tanah Palestina.

Dalam konferensi pers di Gedung Putih dengan Netanyahu, Rabu (15/2), Trump menyebut permintaannya tersebut juga sudah disampaikan dalam diskusi pribadi mereka. Itu juga merupakan perjalanan pertama Netanyahu ke Washington sejak Trump menjadi presiden.

Dilansir Orlando Sentinel, Kamis (16/2), Trump juga berjanji memindahkan Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Relokasi kedutaan ini sekaligus menunjukkan sinyal pengakuan Amerika terkait Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Trump mengatakan, dia ingin melihat kedutaan AS pindah ke Yerussalem. Akan tetapi  ia mengaku tengah mengkaji keputusan ini lebih jauh. Meski hal itu dinilai boleh jadi sebuah langkah yang akan membuat marah Palestina. Sebab sektor timur kota itu dianggap merupakan hasil rampasan Israel dari Palestina dalam perang tahun 1967.

“Saya ingin itu (relokasi dubes AS) terjadi. Kami sedang mempertimbangkan ini secara seksama, kita akan lihat apa yang terjadi,” ujar Trump.

Diketahui, Israel berencana membangun 5.000 rumah pemukiman baru di tanah Palestina. Trump meminta Israel untuk menahan diri terkait rencana tersebut.

Seorang pejabat senior Gedung Putih juga menyatakan Trump bersemangat untuk memulai memfasilitasi kesepakatan damai antara Israel dan Palestina. Tetapi, Netanyahu disebut-sebut merasa bahwa konflik Israel-Palestina bukan hanya disebabkan perluasan permukiman semata.(rol/rs)

Komentar Mustanir.com

AS dan Israel adalah musuh umat Islam. Karena mereka telah merampas hak-hak milik kaum muslimin palestina. Dimana tanah palestina adalah tanah milik umat muslim yang dibebaskan dengan jihad oleh Kholifah Umar bin Khattab, Salahuddin Al Ayyubi. Mereka juga telah membunuh kaum muslimin dengan tank-tank mereka, bom-bom mereka, melecehkan kehormatan kaum muslimin.

Umat Islam harus berjuang sungguh-sungguh untuk menegakkan Institusi Khilafah, karena Khilafahlah yang akan menjaga kehormatan kaum muslimin, menjaga harta-harta mereka dan tentunya menjaga mereka dan menyebarkah dakwah dan jihad ke seluruh penjuruh dunia. Khilafah juga akan menyatakan perang dengan Israel dan AS.

Categories