Umat Islam Diminta Shalat Ghaib untuk Almarhum Hasyim Muzadi

Umat Islam Diminta Shalat Ghaib untuk Almarhum Hasyim Muzadi

MUSTANIR.COM, MALANG — Indonesia kehilangan salah satu putra bangsa terbaiknya. Pagi ini (16/3) mantan ketua umum PBNU KH Hasyim Muzadi meninggal dunia di kediamannya yang berada di komplek Pondok Pesantren Al-Hikam, Malang.

Kabar ini dibenarkan oleh Ketua PCNU Kota Malang Ismail Al- Arsh. Saat dihubungi Republika.co.id, Ismail mengungkapkan Kiai Hasyim meninggal dunia pada pukul 06.15 tadi. “Inggih leres (Iya benar) kabar itu, jenazah akan dibawa ke Depok lepas dzuhur nanti,” kata Gus Is, sapaan Ismail Al-Arsh.

Gus Is meminta kepada seluruh umat Islam khususnya kaum Nadhliyyin untuk menshalatkan jenazah Kiai Hasyim. Bagi yang berdomisili di Malang diharapkan bisa takziah dan menshalatkan langsung. Namun bagi Muslim yang berada di luar Malang bisa melaksanakan shalat ghaib.

Ulama asal Rembang, KH Mustofa Bisri, ikut menyampaikan kabar duka ini melalui akun Twitternya. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kita kehilangan lagi seorang tokoh, mantan Ketum PBNU, KH Hasyim Muzadi. Semoga khusnul khatimah,” tulis Gus Mus di akun twitter @gusmugusmu.

Kiai Hasyim merupakan pendiri Pondok Pesantren Al-Hikam. Sejak 19 Januari 2015 almarhum menjabat sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).

Pria 73 tahun ini meninggal dalam masa pemulihan akibat komplikasi penyakit. Pada Sabtu (11/3) almarhum opname di Rumah Sakit Lavalette Malang selama tiga hari. Sebelumnya pada Januari silam Kiai Hasyim juga sempat dirawat dan menjalani operasi di rumah sakit yang sama.(rol/rs)

Categories