10 Negara Penyumbang Tentara ISIS Terbesar

isis-army

10 Negara Penyumbang Tentara ISIS Terbesar

Mustanir.com – Setelah insiden Paris, polisi mencoba melacak akar teroris sampai ke Brussels, Belgia dan menahan tujuh tersangka di Distrik Molenbeek. Pada 19 Maret, salah satu tersangka utama Salah Abdeslam ditahan di distrik yang sama.

Beberapa hari setelah penangkapan Abdeslam, Brussels diserang dua ledakan beruntun di bandara dan stasiun metro. Kelompok ISIS dikabarkan bertanggung jawab. Berikut negara-negara penyumbang anggota ISIS terbesar menurut Radio Free Europ/Radio Liberty.

1. Yordania

Yordania merupakan penyumbang terbesar. Jumlahnya mencapai 315 orang per satu juta jiwa. Pada awal Maret lalu, tujuh orang tersangka anggota ISIS terbunuh dalam operasi yang digelar Pemerintah Yordania.

2. Tunisia

Tunisia berada di peringkat kedua. Jumlahnya mencapai 280 orang per satu jiwa. Tunisia bukan menjadi sumber milisi, tapi juga sasaran kelompok ISIS. Para pemberontak menyerang tempat-tempat yang biasanya dikunjungi turis. Pada tahun lalu serangan menghantam Museum Bardo dan wisata pantai Sousse.

3. Arab Saudi

Arab Saudi menjadi penyumbang ketiga terbesar dengan 107 orang per satu juta jiwa. Saudi saat ini terlibat dalam operasi penumpasan ISIS di Irak dan Suriah pimpinan AS.

4. Bosnia dan Herzegovina

Bosnia merupakan penyumpang anggota teroris ISIS keeempat. Jumlahnya mencapai 92 dari satu juta jiwa.

5. Kosovo

Kosovo dilaporkan juga menjadi salah satu penyumbang anggta ISIS. Jumlahnya mencapai 83 juta jiwa.

6. Turkmenistan

Turkmenistan menjadi penyumbang keenam terbesar dengan 72 orang per satu juta jiwa. Turkmenistan berbatasan langsung dengan Afghanistan.

7. Albania

Albania merupakan penyumpang anggota teroris ISIS ketujuh. Jumlahnya mencapai 46 dari satu juta jiwa.

8. Belgia

Belgia merupakan penyumbang anggota ISIS terbesar di Eropa. Jumlahnya mencapai 40 dari satu juta jiwa. Belgia ditengarai menjadi lokasi utama perencanaan serangan di Paris. Namun pada Selasa kemarin, serangan teror beruntun menghantam Brussels. Lebih dari 30 orang tewas.

9. Uzbekistan

Uzbekistan menjadi penyumbang anggota ISIS terbesar kedelapan. Jumlahya mencapai 33 orang dari satu juta jiwa.

10. Swedia

Swedia menjadi penyumbang terbesar kedua anggota ISIS di Eropanya. Angkanya mencapai 32 dari satu juta jiwa. Martin Stivani Nivarlain menjadi salah satu yang pernah bergabung ISIS. Remaja putri berusia 15 tahun ini, sempat diajak pacarnya bergabung ISIS sebelum akhirnya memilih pulang ke negara asal. (rol/adj)

Categories