Harga Minyak Dunia Turun, Kapan Harga BBM Turun?

harga-minyak-dunia-akhirnya-jatuh-lagi-miR

Harga Minyak Dunia Turun, Kapan Harga BBM Turun?

MUSTANIR.COM, New York – Harga minyak dunia berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena para investor berada di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang kelebihan pasokan minyak Amerika Serikat.

Persediaan minyak mentah Amerika Serikat telah meningkat selama tujuh minggu berturut-turut, dan pasar memperkirakan bahwa penumpukan kedelapan 2,9 juta barel terjadi pekan lalu.

Jumlah rig Amerika Serikat yang diklasifikasikan sebagai pengeboran minyak naik lima rig menjadi 602 rig pekan lalu, menurut data perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes, Jumat (24/2). Ini adalah pertama kalinya rig minyak AS melampaui 600 rig sejak Oktober 2015.

Para analis mengatakan data tersebut memicu kekhawatiran banjir minyak mentah dunia dapat meningkat lagi.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, kehilangan 0,04 dolar AS menjadi menetap di 54,01 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April turun 0,34 dolar AS menjadi ditutup pada 55,59 dolar Amerika Serikat per barel di London ICE Futures Exchange.(antara/rs)

Komentar Mustanir.Com

Minyak dunia saat ini turun. Indonesia dikabarkan mengikuti sistem mekanisme pasar namun kenapa harga BBM belum turun?.

Dalam pandangan Islam, BBM dan Gas serta sumber energi lainnya merupakan milik umum atau milik rakyat yang wajib dikelola oleh Negara. Rasulullah saw. telah menjelaskan sifat kebutuhan umum tersebut dalam sebuah hadis. Dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi saw. pernah bersabda:

اَلنَّاسُ شُرَكَاءٌ فِي ثَلاَثٍ: اَلْمَاءِ وَ الْكَلأِ وَ النَّارِ

Manusia berserikat (punya andil) dalam tiga hal: air, padang rumput dan api (HR Abu Dawud).

Categories