Imbangi Pemberitaan, Komunitas Muslim Sydney Luncurkan Saluran TV Islam

one-path-tv
Syeikh Wesam Charkawi sedang diwawancarai oleh presenter TV One Path, Malaz Majanni

Imbangi Pemberitaan, Komunitas Muslim Sydney Luncurkan Saluran TV Islam

Guna mengimbangi pemberitaan media mainstream mengenai Islam di Australia yang kerap disalah mengartikan, anggota komunitas Muslim di Sydney akhirnya mendirikan studio televisi sendiri.

Saluran televisi bertajuk ONEPATH  itu ditayangkan melalui saluran Youtube dan dibuat serta diedit distudio mereka yakni One Path Network di Sydney dengan nilai $1juta.

Saluran TV ONEPATH antara lain menampilkan ulama lokal yang memberikan penjelasan mengenai ajaran Islam dan juga isu-isu aktual.

“Sekarang ini komunitas Muslim sedang banyak mendapat tekanan, sayangnya media mainstream di Australia terkadang salah mengartikan dan keliru memahami ajaran Islam, oleh karena itu kami di sini hendak memastikan tersebarnya pesan mengenai ajaran Islam yang sesungguhnya dengan jelas,” kata Kepala One Path  network, Malaz Majanni dikutip Radio ABC.

One Path network juga turut menyiarkan event-event utama termasuk penyanderaan di Cafe Lindt Sydney beberapa waktu lalu.

“Pendekatan kami hendak memastikan kalau tindakan yang terjadi pada penyanderaan di Cafe Sydney adalah bukan ajaran Islam,” kata Majanni.

“Orang tersebut (Man Haron Monis) dikenal oleh otoritas Australia sebagai kriminal dan dia tidak memiliki hubungan apapun dengan kelompok militan Islam; dia bahkan tidak menggunakan bendera yang benar.”

TV One_COntrol_ABC1

TV One Path milik komunitas muslim Sydney dibangun dari donasi umat muslim dan diawaki oleh 20 orang relawan (ABC)

Beberapa liputan dari saluran TV ini juga sangat menyimpang dengan media mainstream. Misalnya alih-alih memberitakan jumlah pasukan warga Australia yang ikut berperang dengan ISIS, One Path malah memberitakan mantan Ketua Partai Buruh Northern Teritory, Matthew Gardiner, yang berperang bersama pasukan Kurdi melawan ISIS.

“Pendekatan yang kami lakukan adalah hendak memastikan tidak ada target tertentu bagi komunitas Muslim dan hukum berlaku sama untuk seluruh warga Australia,” katanya.

Tamu yang dihadirkan di studio mereka diantaranya Kepala Unit Kontra Terorisme Kepolisian Federal Australia dan kelompok politik Hizbut-Tahrir.

Majanni mengatakan studio One Path didanai oleh donasi dari komunitas Muslim dan digawangi oleh sekitar 20 orang relawan.

Sejumlah tokoh Muslim terkenal termasuk Mufti Australia, Dr Ibrahim Abu Mohamad, dan Associate Professor Mohamad Abdalla dari Universitas Griffith mendukung proyek ini dan tampil dalam video promosi saluran TV ini.  Selain itu dukungan juga datang dari serangkaian ulama Muslim dari kalangan moderat hingga konservatif.

Studio yang dulunya dikenal dengan sebutan dawah initiative (inisiatif dakwah), studio ini bertujuan menyebarluaskan ajaran Islam dikalangan Muslim dan non Muslim.

Categories