Inilah Peristiwa Pemicu Pecahnya Perang Sipil Di Turki

pengrusakan-kantor

Inilah Peristiwa Pemicu Pecahnya Perang Sipil Di Turki

Mustanir.com – Kerumunan massa telah menyerang kantor pusat Partai HDP di Turki yang pro-Kurdi, di tengah meningkatnya aksi kekerasan antara pasukan Turki dan militan Kurdi dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK). Foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan gedung HDP di Ibu Kota Ankara, terbakar.

Perdana Menteri Ahmet Davutoglu telah meminta masyarakat untuk tenang. Sebelumnya, pasukan Turki menyeberang ke Irak untuk mengejar militan Kurdi untuk pertama kalinya sejak gencatan senjata dengan PKK pada dua tahun lalu. Pesawat perang Turki juga meluncurkan gelombang serangan udara terhadap basis PKK di bagian utara Irak.

Aksi itu diyakini sebagai balasan setelah 14 polisi tewas dalam serangan bom yang dilakukan oleh PKK pada sebuah minibus di bagian timur negara tersebut. Anggota parlemen dari Partai Rakyat Demokratik HDP, Garo Paylan, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa ratusan demonstran telah menyerang bangunan di Ankara.

“Polisi hanya menonton saja,” kata dia. “Apa yang hancur adalah harapan kita untuk hidup bersama.” Setidaknya enam kantor HDP di kota lain di Turki dilaporkan telah diserang. Di Istanbul, demonstran anti-pemerintah kembali menyerang kantor redaksi koran Hurriyet dengan memecah kaca jendelanya.

Massa yang marah telah menyerbu bangunan media tersebut pada Minggu (06/09) karena menuduh koran ini telah salah mengutip pernyataan Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah wawancara televisi.

Davutoglu mencela serangan tersebut melalui Twitter. “Ini tidak dapat diterima dan dapat membahayakan institusi media, bangunan partai politik dan properti milik masyarakat sipil,” kata dia.

‘Saya mengundang seluruh warga negara saya dengan hati penuh cinta untuk tanah air agar tenang, merangkul satu sama lain, dan percaya penuh kepada negara.” Pemimpin HDP menuduh partai pimpinan Davotoglu, Partai AK, berada di belakang kerusuhan untuk meraih dukungan dari kelompok nasionalis dalam pemilu pada 1 November.

HDP meraih kursi parlemen untuk pertama kali pada pemilu Juni, dan merebut 14% suara dari partai mayoritas di parlemen. Presiden Erdogan mengatakan PKK telah mengalami “kehancuran yang serius” di dalam dan di luar Turki dan berada dalam “kepanikan”.

Setidaknya 35 pemberontak tewas dalam serangan udara di basis PKK di Qandil, Basyan, Avashin dan Zap, seperti dilaporkan kantor berita Anadolu.  Kelompok militan menewaskan 14 polisi ketika menyerang minibus milik aparat di pos perbatasan yang dekat Azerbaijani, Nakhchivan.

Beberapa jam setelah peristiwa tersebut, seorang polisi ditembak oleh militan PKK di bagian timur Negara Bagian Kunceli. Serangan bom oleh PKK terhadap dua kendaraan militer di Desa Daglica dekat perbatasan Irak. Lebih dari 40.000 orang tewas sejak PKK meluncurkan kampanye bersenjata pada 1984, menyerukan kemerdekaan negara Kurdi dari Turki. (bbc/adj)

Categories